Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memperkuat ekosistem ekonomi pesantren melalui agen laku pandai BSI.

Direktur Retail Banking BSI Ngatari mengatakan, pesantren menjadi salah satu ekosistem ekonomi halal yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan, oleh karena itu, agen laku pandai BSI berperan penting dalam memperkuat ekosistem ekonomi halal.

"Untuk itu, tahun ini kami akan menyasar ekosistem pesantren dalam peningkatan penyerapan BSI Agen terutama wirausaha di lingkungan civitas pesantren. Tercatat tahun lalu pada periode Agustus - Desember 2023, transaksi BSI Agen terbanyak di pesantren,” ujar Ngatari di Jakarta, Jumat.

Ngatari menekankan bahwa agen laku pandai BSI Agen berperan menjadi perpanjangan tangan BSI untuk optimalisasi layanan finansial dan non-finansial di daerah-daerah terpencil dan suburban. Sehingga layanan perbankan syariah semakin luas jangkauannya bagi masyarakat Indonesia.

Layanan BSI Agen saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan jumlah mencapai lebih dari 86 ribu agen.

Hingga Desember 2023, jumlah transaksi yang dilakukan melalui layanan BSI Agen mencapai 19,6 juta transaksi dengan nominal sebesar Rp43,8 triliun.

Hal tersebut menunjukkan bahwa peran BSI Agen sangat berpengaruh dalam peningkatan inklusi keuangan syariah, khususnya di daerah. Di mana tiga provinsi terbesar yang menyerap BSI Agen terbanyak di wilayah Aceh, Palembang dan Surabaya.

“Hal ini juga menjadi tantangan besar bagi BSI, terutama menjangkau daerah-daerah yang jauh dari layanan cabang. Untuk itu di tahun ini juga, kami berfokus pada sektor pendidikan yang notabene sudah menjangkau masyarakat hingga pelosok negeri dan juga sektor ini adalah mandatory bagi masyarakat,” tuturnya.

Perseroan juga akan masuk dan menjajaki kemungkinan adanya kerja sama dengan pesantren-pesantren yang potensial guna menggarap potensi peningkatan penetrasi pasar secara menyeluruh, baik dari sisi tabungan, pembiayaan maupun laku pandai BSI Agen.

Untuk itu sebagai bentuk simbolik, BSI telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) layanan dan produk perbankan syariah dengan Pesantren Daarul Mughni Al Maliki, Klapanunggal - Cileungsi pada Jumat.

Selain penandatanganan MoU, juga dilakukan penyerahan hadiah atas program Racing BSI Agen yang diadakan pada 2023 kepada agen dengan transaksi dan fee tertinggi.

Hadiah satu unit motor dan 10 gram logam mulia diberikan kepada dua BSI Agen yang berlokasi di Pondok Pesantren Daarul Mughni.

Baca juga: BSI menargetkan peningkatan 2-3 juta nasabah per tahun
Baca juga: Erick Thohir siapkan dua opsi divestasi saham BSI
Baca juga: BSI: Prospek perbankan syariah di Indonesia masih menarik

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024