Makassar (ANTARA) - Dekranasda Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan turut memamerkan produk unggulannya yakni tenun sutra Cura' Labba dalam pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2024 yang berlangsung dari 28 Februari hingga 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Sekretaris Dekranasda Kabupaten Gowa Suryanti melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan, pada pameran itu booth Kabupaten Gowa memamerkan sarung sutra Cura' Labba, Cura' Tangga maupun Cura' Ca'di yang berbahan material kanvas dari Kecamatan Barombong.

"Ada banyak produk unggulan yang kami pamerkan, salah satunya sarung sutra Cura' Labba yang menjadi keunggulan kami," ujarnya.

Suryanti menyampaikan, Inacraft 2024 mengangkat tema "From Smart Village to Global Market" di mana program itu dilandasi dengan peningkatan tren, mengharuskan para pengrajin daerah atau dari desa untuk mandiri dan mampu membuat inovasi untuk produknya.

Dia mengatakan produk unggulan Kabupaten Gowa itu sudah menggunakan teknologi informatika sehingga dapat menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing dengan pasar global atau pasar internasional.

"Meskipun Cura' Labba kita adalah warisan dari leluhur, tetapi kain sutra yang memiliki ciri khas sendiri itu sudah punya pasar dan sudah diekspor juga. Ini tentu dengan bantuan teknologi itu sendiri dalam pengembaraannya," katanya.

Baca juga: Inacraft 2024 perkenalkan keindahan kerajinan Toba di mata dunia

Baca juga: Hulu Sungai Tengah kenalkan marmer di pameran terbesar se-ASEAN


Dengan adanya pameran itu Dekranasda Kabupaten Gowa berharap dapat menjadi perpanjangan tangan untuk pelaku UMKM atau UKM dalam memberikan pembinaan informasi.

Melalui pameran tersebut juga diharapkan bisa memberi informasi kepada para pelaku UMKM terkait proses produksi produk-produk yang berkualitas berstandar internasional yang lolos kurasi dengan ketat.

Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa bersama dengan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perdastri) dan Dinas Koperasi dan UMKM senantiasa memberikan pembinaan kepada para pelaku UKM dan UMKM dan juga membantu memasarkan produk mereka.

"Ini juga tidak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa dalam hal ini bapak bupati dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa yang senantiasa tanpa bosan memberikan support kepada para pelaku UKM," ujar Mussadiyah.

Salah satu bukti nyata dukungan Pemkab Gowa kepada Dekranasda adalah dengan berdirinya gerai Dekranasda di Mal Pelayanan Publik yang baru saja diresmikan oleh Bupati Gowa.

"Di situ ada gerai yang bisa memfasilitasi para pelaku UMKM untuk memajang produk mereka dan memamerkan ataupun menjual kepada masyarakat pengunjung mall tersebut," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Bogor pamerkan sembilan produk kerajinan di Inacraft 2024

Baca juga: Pelaku UMKM asal Wonosobo olah rami jadi kain batik di Inacraft 2024

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024