Gowa (ANTARA) - Ribuan umat berasal dari berbagai tempat memadati Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu.

Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa yang mampu menampung hingga 15 ribu orang itu dipadati sejak subuh, bahkan sebelum pelaksanaan Shalat Subuh. Jamaah sudah memasang tikar dan sajadah agar mendapatkan tempat terdepan dalam Shalat Id.

Khatib Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah Masjid Agung Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Prof Dr HM Sattu Alang mengatakan Idul Fitri salah satu jalan menuju kemenangan umat Islam setelah melalui ujian berupa puasa Ramadhan.

"Selama sebulan penuh kita diberikan ujian dan bagi umat yang mampu bersabar dalam menghadapi ujian, maka kemenangan yang dijanjikan Allah SWT akan diberikan," ujarnya.

Guru Besar Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar itu, menggambarkan bahwa kondisi yang dialami rakyat Palestina oleh gempuran Zionis Israel mirip dengan kondisi yang dialami Nabi Muhammad SAW pada 14 abad sebelumnya.

Baca juga: Masyarakat padati Masjid Istiqlal untuk Shalat Idul Fitri

Ia menyatakan jutaan umat Muslim di dunia hanya menjadi buih di lautan jika tidak mendukung upaya rakyat Palestina dalam mempertahankan tanah dan akidahnya.

Ia menyebut dua pilihan umat Muslim, yakni menjadi Muslim sejati dengan mempertahankan akidah dan menghadapi setiap ujian Tuhan YME

Pilihan kedua, menjadi Muslim yang munafik dan berkomplot dengan musuh Islam dalam memerangi agama Islam.

"Dengan banyaknya ujian yang dihadapi umat Muslim saat ini, Nabi Muhammad telah mengajarkan kita bagaimana harus tabah dan sabar dalam menjalani setiap ujian," katanya.

Ia mengajak para kaum muslimin untuk meneladani keteguhan dan kesabaran para nabi dan rasul di setiap masanya.

Baca juga: Masjid Al-Azhar tampung 15 ribu umat pada Shalat Idul Fitri 1445 H
Baca juga: Ribuan umat Muslim Sorong Selatan Shalat Idul Fitri di bandara


 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024