Total ada 3.586 wisatawan
Jakarta (ANTARA) - Ribuan orang berkunjung ke Kepulauan Seribu saat libur panjang Hari Raya Nyepi 2024 pada Sabtu (9/3) hingga Senin (11/3).

"Total ada 3.586 wisatawan yang melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi di Kepulauan Seribu," kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, Sonti Pangaribuan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan momentum libur panjang hari raya itu dimanfaatkan ribuan wisatawan, untuk mengunjungi wilayah Kepulauan Seribu.

Ia mengatakan pada Sabtu (9/3) total 2.086 wisatawan yang berkunjung yang terdiri dari 2.011 wisatawan nusantara dan 75 orang wisatawan luar negeri.

Kemudian pada Minggu (10/9) tercatat ada 1.051 orang yang berkunjung ke Kepulauan Seribu yang terdiri dari 945 wisatawan nusantara dan 106 wisatawan mancanegara.

Baca juga: Pemkab menggelar Festival Kepulauan Seribu untuk tarik wisatawan

Selanjutnya pada Senin (11/3) ada 449 orang yang berkunjung yang terdiri dari 423 wisatawan lokal dan 26 wisatawan mancanegara.

"Mereka ini masuk dari Marina Ancol, Muara Angke, Tanjung Pasir dan Pelabuhan Cituis menggunakan kapal," kata dia.

Ia mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu tersebut mayoritas mengunjungi pulau-pulau penduduk dan pulau resor.

"Kunjungan wisatawan ini diprediksi masih akan terus bertambah karena akses menuju Kepulauan Seribu mudah dijangkau, serta fasilitas yang disediakan memudahkan wisatawan untuk berlibur," kata dia.

Selain itu, pihaknya melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus melakukan promosi kegiatan dan destinasi pariwisata secara luas sehingga berdampak pada kunjungan wisatawan.

Baca juga: Wisatawan Kepulauan Seribu puji "wajah baru" Pelabuhan Muara Angke

"Kami selalu lakukan promosi secara langsung maupun melalui media sosial," katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024