Sudah ditangani, dokter Puskesmas Kepulauan Seribu sudah datang
Jakarta (ANTARA) - Petugas gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu menolong wisatawan terdampar di Pulau Tidung Kecil karena mesin kapal rusak di sekitar perairan setempat, Jumat.

"Sudah ditangani, dokter Puskesmas Kepulauan Seribu sudah datang. Bantuan makannya sudah ada, pihak kelurahan sudah 'action' juga. Kebetulan petugas kami, besok ada kegiatan. Jadi, tidak pulang ke darat membantu serta dalam penanganan di aula," kata Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta Utara, Jumat malam.

Devi menjelaskan, pertolongan dilakukan secara kolaborasi dengan menyiapkan tempat persinggahan sementara di aula pertemuan UPT Pusat Budidaya dan Konservasi Laut Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) DKI Jakarta dan memasok bahan makanan serta perawatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA, wisatawan yang terdampar karena mesin kapal yang rusak berjumlah 160 orang.

Petugas gabungan dari pihak terkait juga telah bahu-membahu dalam menolong menyiapkan bantuan makanan berupa 160 nasi kotak dan boks air minum untuk mereka.

Baca juga: Seorang wisatawan tenggelam di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu

Diduga kapal yang rusak jenis kapal cepat yang memiliki rute Pulau Pramuka - dermaga Marina Ancol dan sempat singgah ke Pulau Tidung untuk mengangkut penumpang sekitar 80 orang.

Namun dalam perjalanan, mesin kapal rusak karena cuaca buruk sehingga kapal mesti ditarik dengan kapal nelayan yang melintas di sekitar perairan tersebut untuk bisa berlabuh ke pulau terdekat yakni Pulau Tidung Kecil.

Video yang diterima ANTARA, Jumat malam, tampak sejumlah wisatawan terlentang lemas setelah kapal berhasil bersandar di dermaga Pulau Tidung Kecil. Menurut perekam video, penumpang kapal tersebut kecapaian.

"Banyak penumpang yang kecapaian, mohon bantuan orang Puskesmas, orang Puskesmas mohon bantuan di Tidung Kecil, orang Puskesmas," kata perekam dalam video yang diterima ANTARA.

Kini penumpang kapal tersebut telah diselamatkan oleh petugas gabungan. Rencana kapal yang mengangkut para wisatawan terdampar di Pulau Tidung Kecil itu berangkat ke dermaga Marina Ancol Jakarta Utara pada pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Angkut 140 wisatawan, kapal rusak rute Pulau Seribu dievakuasi petugas

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022