menggunakan kapal kerja milik Dinas Perhubungan DKI
Jakarta (ANTARA) - Petugas mengevakuasi Kapal Motor Bina Karya yang mengangkut 140 orang wisatawan tujuan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu untuk kembali Dermaga Kali Adem, Jakarta Utara, karena mengalami kerusakan.

"Kapal motor Bina Karya dievakuasi dan ditarik kembali menuju Dermaga Kali Adem menggunakan kapal kerja milik Dinas Perhubungan DKI," kata Kepala Polsek Kawasan Sunda Kelapa Komisaris Polisi Seto Handoko di Jakarta, Rabu.

Baca juga: 2.000 wisatawan berlibur ke Kepulauan Seribu di hari kedua Idul Fitri

Dia menjelaskan kerusakan kemudi itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, ketika kapal sedang berlayar menuju Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Saat itu, kapal tersebut baru sampai di sekitar pulau reklamasi, yakni Pulau G.

Kapal yang mengalami kerusakan kemudi itu kemudian dibantu oleh Kapal Kerja Dinas Perhubungan DKI untuk ditarik ke dermaga asal yakni Dermaga Kali Adem.

"Untuk penumpang saat ini masih menunggu kapal pengganti yang akan memberangkatkan kembali ke Pulau Pramuka," tutur Seto.

Baca juga: Dishub DKI segera cek info pungli kepada wisatawan di Kali Adem

Dia menjelaskan pemilik kapal menyiapkan dua kapal pengganti, yakni KM Raksasa dan KM Pesona Alam.

"Untuk keberangkatannya masih menunggu di antara dua kapal alternatif yang disiapkan, kapal mana yang sandar lebih dahulu untuk membawa penumpang dari KM Bina Karya," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang dampak dari insiden itu, pihaknya melakukan pengawasan agar situasi pelayaran menuju Pulau Seribu tetap kondusif.

"Meningkatnya masyarakat yang akan berwisata ke Pulau Seribu, Polsek Kawasan Sunda Kelapa tetap mengawasi agar situasi tetap kondusif," ujar Seto.

Baca juga: Promosi wisata Kepulauan Seribu hadir di ajang MotoGP Mandalika

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022