Surabaya (ANTARA) -
Pembukaan babak kualifikasi sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI direncanakan digelar pada 3 Maret 2024 di Lapangan Thor Surabaya dan akan dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

"Persiapan sudah cukup matang. Izin pertandingan dan seluruh kebutuhan administratif serta akomodasi peserta sudah beres," kata Raja Siahaan, ketua pelaksana pertandingan, di Surabaya, Sabtu.

Meski waktunya relatif pendek, lanjutnya, tidak ada masalah yang berarti karena rata-rata yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan tersebut memiliki pengalaman dalam menggelar kejuaraan nasional dan internasional.

Selain itu, Jatim merupakan salah satu barometer sepak bola di Indonesia, bukan hanya tim-timnya yang berhasil menjuarai kompetisi sepak bola Tanah Air, tapi keberhasilan mereka dalam menggelar kegiatan skala internasional seperti pembukaan sekaligus babak penyisihan Piala Dunia U-17.

"Orang-orangnya yang terlibat dalam kegiatan ini mayoritas juga terlibat di Piala Dunia U-17 kemarin. Jadi saya yakin semua bisa berjalan lancar dan tim Jatim lolos ke PON Aceh-Sumut 2024," ucapnya.

Pria yang juga Ketua Pengurus Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) Jawa Timur tersebut, secara khusus berterima kasih kepada Khofifah Indar Parawansa yang sangat getol mendorong Jatim menggelar babak kualifikasi PON saat masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur kala itu.

"Terima kasih atas dukungan penuh Bu Khofifah. Tanpa dorongan beliau yang luar biasa, mustahil BK PON ini bisa digelar. Begitu juga dengan Pak Pj Gubernur Adhy Karyono yang saat itu masih menjadi Sekdaprov. Beliau punya kontribusi besar atas gelaran ini," ujar pria yang juga menjabat sebagai Presiden PS Mojokerto Putra itu.

Raja menjelaskan, sesuai jadwal kualifikasi PON sepak bola ini akan digelar dalam tiga hari yakni 3, 5 dan 7 Maret 2024 yang diikuti oleh empat tim, yakni Jawa Timur sebagai tuan rumah, Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Tenggara.

"Saya berharap gelaran ini berjalan lancar dan sukses, tim PON Jatim lolos ke putaran final PON XXI Aceh-Sumut. Karena itu, kami meminta doa restu kepada masyarakat Jawa Timur agar semua harapan itu tercapai," ujarnya.

Raja menyakini, dengan dukungan dan doa masyarakat Jatim, kesuksesan yang diharapkan semua pihak bisa terwujud.
 
Berikut penghuni Grup A dan Jadwal kualifikasi sepak bola PON:

Grup A
1. Jawa Timur
2. Sulawesi Tenggara
3. Maluku
4. Maluku Utara

3 Maret 2024
1. Maluku vs Maluku Utara (13.00 WIB)
2. Jawa Timur vs Sulawesi Tenggara (15.00 WIB)

5 Maret 2024
1. Sulawesi Tenggara vs Maluku (13.00 WIB)
2. Jawa Timur vs Maluku Utara (15.00 WIB)

7 Maret 2024
1. Maluku Utara vs Sulawesi Utara (13.00 WIB)

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024