Efek mukanya jadi panjang kalau pakai ciput yang bertopi."
Jakarta (ANTARA News) - Memiliki wajah dengan bentuk agak bulat terkadang membuat perempuan merasa sulit untuk berkreasi terutama dalam penggunaan hijab. Namun, menurut penulis buku Beautiful Hijab, Dika Restiyani, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati wajah bulat.

"Bisa sedikit 'curang' kok untuk menyiasati wajah bulat," kata Resti saat ditemui pada peluncuran bukunya Beautiful Hijab di Jakarta, Minggu.

Dia menyebutkan bahwa agar muka sedikit terlihat tirus, penggunaan ciput (lapisan dalam sebelum menggunakan jilbab atau kerudung) bisa dipilih yang sedikit menutupi pipi.

"Sekarang banyak juga kan 'ninja' yang bagian pipinya agak condong ke depan," katanya.

Selain itu, lebih baik menggunakan ciput yang memiliki topi di bagian atas. Dengan menggunakan ciput model ini, lanjutnya, bisa membuat wajah terlihat lebih tirus.

"Efek mukanya jadi panjang kalau pakai ciput yang bertopi," katanya.

Selain dari pemilihan ciput, si wajah bulat juga lebih baik tidak menggunakan model hijab atau kerudung yang bertumpuk di daerah kepala karena akan membuat wajah semakin bulat.

"Kalau bisa, kerudungnya dimodelin yang lebih memanjang gitu," katanya.

Sedangkan untuk jenis bahannya, Resty mengaku tidak ada pantangan dalam pemilihan bahan kerudung.

Resty sendiri sudah menggunakan hijab sejak duduk di kelas dua sekolah menengah atas. Duta Fashion Muslim serta produk Halal & Syariah-Muslimah Beauty 2011 ini juga meluncurkan buku pertamanya mengenai hijab dan tutorial penggunaan hijab.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013