Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - China siap mendukung berbagai upaya mengurangi kesenjangan antara negara maju dan berkembang dalam kerangka mencapai keuntungan bersama dan mencapai pertumbuhan ekonomi global yang adil, kata Dewan Promosi Perdagangan Internasional China.

Komite bisnis China telah serius mewujudkan dan memerhatikan sikap saling menguntungkan antara negara maju dan berkembang.

"Begitu juga dengan pemerintah China yang mendukung pebisnis China untuk terlibat aktif dalam mencapai keuntungan bersama antara negara maju dan berkembang," kata Wakil Ketua Dewan Promosi Perdagangan Internasional China Yu Ping kepada Antara di Nusa Dua Bali, Senin.

Ping mengatakan perhatian dan dukungan China itu selalu ditunjukkan dengan berbagai cara, antara lain komitmen China membantu pencapaian keuntungan bersama di lintas negaraa, sesuai peraturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Namun Ping tidak menjelaskan sikapnya mengenai salah satu wacana pertemuan menteri WTO, Desember 2103 mendatang yang akan membahas paket fasilitas perdagangan dan paket untuk negara-negara kurang berkembang.

Ia menyebutkan China sangat memperhatikan dukungan untuk akses impor ke negaranya, selain ekspor produk-produk China. "Kami adalah eksporter besar, namun juga importir besar, dan perlu diingat konsumsi domestik kami tinggi," ujar Ping.

Ia menegaskan China akan selalu bersemangat untuk membagi pengalaman kepada negara-negara berkembang, namun komitmen China ini akan mulus jika disertai pemahaman dan dukungan internasional mengenai sikap dan kebijakan China.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013