Jakarta (ANTARA News) - Nokia berharap layanan musik streaming Mix Radio dapat membantu musisi lokal unjuk gigi. Aplikasi yang terdapat dalam sejumlah smartphone Nokia Lumia itu menawarkan ragam mix atau playlist yang terdiri dari lagu-lagu bervariasi, termasuk lagu Indonesia. Saat memilih sebuah mix, misalnya genre indie, Mix Radio akan menyodorkan sederet daftar lagu yang telah disusun Tim Ahli Musik Nokia lokal maupun internasional. Bukan tidak mungkin lagu-lagu Indonesia dari artis baru atau musisi indie yang terdengar dari mix tersebut.

"Di sini kita bisa discover new song, discover new talent," papar Entertainment Manager Nokia Indonesia Widhi Asmoro usai peluncuran Nokia Lumia 625 di Jakarta, Selasa.

"Lagu yang kita baru tahu bisa muncul," lanjutnya.

Sebanyak 300 perusahaan rekaman telah bekerjasama dengan Nokia untuk menyediakan 18 juta lagu yang dapat dinikmati di Nokia Music, 17 diantaranya adalah label Indonesia.

Dia menambahkan, para musisi indie yang tidak berada di bawah naungan label dalam negeri tetap dapat bekerjasama dengan Nokia Music melalui music aggregator. Nokia akan berbagi keuntungan pada musisi yang lagunya didengarkan secara streaming maupun diunduh oleh pengguna Nokia Lumia.

Mix Radio menyediakan lebih dari 150 mix yang masing-masing terdiri dari 50 lagu. Nokia memberi jatah empat mix yang dapat diunduh gratis sehingga lagu-lagu tersebut dapat dinikmati saat offline. (*)




Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013