Kita fokus pada perairan bagaimana agar peningkatan intensitas tanam dengan pengairan yang baik
Kuningan, Jawa Barat (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Diskatan) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menargetkan cakupan luas tanam padi di daerahnya melalui berbagai program strategis yang diterapkan, mencapai 51.934 hektare pada 2024.

Kepala Diskatan Kabupaten Kuningan Wahyu Hidayah di Kuningan, Jabar, Selasa, mengatakan salah satu upaya untuk mewujudkan target tersebut yakni menjaga suplai pengairan secara teratur ke areal sawah agar padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.

Menurut dia, jika pengairan berjalan dengan optimal, maka tahap percepatan tanam padi di Kuningan bisa dilakukan serta jumlah luas tanam pun akan mencapai target.

"Kita fokus pada pengairan bagaimana agar peningkatan intensitas tanam dengan pengairan yang baik. Kami sudah usulkan (ke pemerintah pusat dan provinsi) terkait dengan kebutuhan pompanisasi, irigasi, dan perpipaan," kata Wahyu.

Ia menjelaskan pada dasarnya target tersebut cukup realistis dan bisa direalisasikan hingga tahun ini, meski Kabupaten Kuningan hanya memiliki lahan baku sawah seluas 27.323 hektare.

Dari hasil pendataan, kata dia, rata-rata dalam setahun petani di daerahnya bisa melakukan dua kali tanam padi. Namun, ada sebagian wilayah lainnya yang mampu sampai empat kali tanam.

"Jadi rata-rata target dua kali tanam. Tetapi, ada yang setahun empat kali tanam. Kita ingin meningkatkan kuantitas dan kualitas indeks pertanaman," ujarnya.

Selain pengairan, Wahyu menyebut pihaknya juga mengerahkan seluruh petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POTP) di setiap kecamatan untuk membantu petani dalam meminimalisir risiko dari hama yang bisa saja menyerang padi.

Melalui upaya itu, lanjut dia, diharapkan padi di areal sawah tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari serangan hama.

Di sisi lain, ia memastikan para petani di Kuningan bisa terus mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman padi dengan disediakannya pupuk nonsubsidi murah dalam program diskon 40 persen pada awal 2024 lalu.

"Dengan program-program ini, target luas tanam padi yang dicanangkan dapat terealisasi," imbuhnya.

Dia menambahkan meski saat ini terjadi pergeseran masa tanam, namun pihaknya menjamin kalau potensi panen raya di Kuningan bisa dilakukan pada April 2024.

"Untuk luas panen, di Januari ada 1.205 hektare, Februari 1.577 hektare, Maret meningkat 4.513 hektare, dan April panen raya 12.393 hektare. Hampir separuh dari luas lahan baku sawah di Kabupaten Kuningan panen di bulan itu," ucap dia.

Baca juga: Pemkab Kuningan: 2.465,14 ton beras bantuan pangan disalurkan ke KPM
Baca juga: Pemkab Kuningan pastikan 12.393 Ha sawah dipanen pada April 2024
Baca juga: Pemkab Kuningan gelar Festival Durian sebagai ajang promosi wisata

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024