pelayanan jemput bola ke Pulau Sabira merupakan pelayanan kedua di tahun 2024
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu kembali melayani perizinan warganya dengan melakukan jemput bola hingga ke Pulau Sabira yang merupakan pulau terluar di wilayahnya.

"Kami berikan pelayanan terpadu keliling (PTK) hingga ke Pulau Sabira yang merupakan pelayanan kedua di tahun 2024, sebelumnya  pelayanan serupa dilakukan hingga ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan," kata Kepala Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UPPMPTSP) Kepulauan Seribu, Erwin di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pelayanan jemput bola ke Pulau Sabira merupakan pelayanan kedua di tahun 2024, sebelumnya dilakukan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.

"Kegiatan PTK ini untuk memudahkan warga terjauh di wilayah Kepulauan Seribu  mengurus perizinan," kata Erwin.

Ia menjelaskan PTK ini dimulai pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan melibatkan sejumlah instansi pelayanan.

Instansi yang ikut serta terdiri atas Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kepulauan Seribu, Polres Kepulauan Seribu, KP2KP, Badan Pertanahan Nasional, BPJS, , Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Imigrasi, bahkan Pengadilan Agama

Ia mengatakan pelayanan ini juga akan diadakan di pulau-pulau penduduk lainnya sebagai upaya mendekatkan dan memudahkan layanan perizinan dan non perizinan bagi warga di Kepulauan Seribu.

Ia menjelaskan pelayanan ini untuk memudahkan warga terjauh di wilayah Kepulauan Seribu untuk mengurus perizinan.

"PTK ini juga akan diadakan di pulau-pulau  yang berpenghuni lainnya untuk mendekatkan dan memudahkan layanan perizinan dan non perizinan bagi warga di Kepulauan Seribu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Pulau Harapan Saudin mengapresiasi dan menyambut baik adanya pelayanan jemput bola untuk memberikan kemudahan kepada warga.

"Kami sudah memberikan informasi melalui RW, agar menginformasikan kepada warga untuk menyiapkan berkas-berkas perizinan yang dibutuhkan," kata dia.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bertekad untuk jemput bola dalam pelayanan terpadu keliling (PTK) kepada masyarakat kepulauan tersebut untuk memberikan layanan perizinan.

"Pelayanan Terpadu Keliling atau pelayanan jemput bola ini sangat membantu masyarakat Kepulauan Seribu untuk mengurus berbagai macam perizinan maupun non perizinan," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Kepulauan Seribu, Alawi.

Ia mengatakan pelayanan ini juga melibatkan unsur dari Kementerian, Kepolisian, maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Alawi juga meminta para camat dan lurah agar selalu mendukung dan menginformasikan kepada warganya ketika adanya PTK ini.

"Kami berharap pesan ini sampai dan benar-benar dimanfaatkan masyarakat," kata dia.
Baca juga: Bupati libatkan wisatawan dan warga jaga kebersihan Kepulauan Seribu
Baca juga: "Urban farming" bantu penuhi kebutuhan sayur di Kepulauan Seribu
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu optimis hadirnya rumah pengering bantu warga

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024