Bila diketahui ada keluhan seperti perut membucit, demam berulang, adanya benjolan, sakit kepala yang menetap, pucat, ataupun pendarahan, dan nyeri tulang, segeralah konsultasi ke dokter
Tangerang (ANTARA) - Dokter Spesialis Anak, Konsultan Hematologi Onkologi dr Dina Garniasih mengatakan kanker pada anak tidak bisa dicegah sehingga harapan hidup pasien sangatlah tergantung pada kecepatan deteksi dan pengobatannya.

"Bila diketahui ada keluhan seperti perut membucit, demam berulang, adanya benjolan, sakit kepala yang menetap, pucat, ataupun pendarahan, dan nyeri tulang, segeralah konsultasi ke dokter," kata dr Dina dalam keterangannya di Tangerang, Banten, Rabu.

Menurut dia, dengan penanganan yang cepat dan terapi yang tepat, pasien masih ada harapan untuk sembuh dan beraktivitas normal kembali.

Baca juga: Dokter: Lebam tanpa sebab dan pucat bisa jadi gejala awal kanker anak

Ada beberapa terapi kanker yang dapat diberikan kepada anak, kata dia, seperti kemoterapi, radioterapi, dan operasi. Namun tindakan tersebut akan dikaji dan disesuaikan kembali dengan kondisi setiap pasien.

"Jadi intinya setiap pasien memiliki riwayat berbeda dan disesuaikan terapi yang tepat untuk diberikan," ujarnya.

Sementara itu menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2020, jumlah penderita kanker pada anak usia 0 - 19 tahun tercatat sebanyak 11.156 jiwa.

Baca juga: Dokter RSUD: Anak yang mendadak lebam harus segera dibawa ke dokter

Lalu berdasarkan World Health Organization (WHO) tahun 2021, hanya kurang dari 30 persen kasus kanker anak di Indonesia yang dapat disembuhkan.

"Salah satu penyebab utamanya karena keterlambatan diagnosis sehingga pengobatannya kurang optimal," ujar dr Rina.

Baca juga: Dokter: Terapi psikologis penting dukung anak yang sedang kemoterapi
 
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024