Jakarta (ANTARA) - Beberapa berita ekonomi di Indonesia pada Rabu (6/3) masih menarik untuk dibaca, mulai dari penyesuaian tarif tol Jakarta-Cikampek dan MBZ hingga klarifikasi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian soal dana BOS untuk program makan siang gratis.

Berikut rangkuman berita selengkapnya:
 

Mulai 9 Maret, Penyesuaian tarif integrasi Tol Japek dan MBZ

PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan PT Jasamarga JalanlayangCikampek (JJC) pengelola Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) memberlakukan penyesuaian tarif integrasi Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) mulai 9 Maret.

“Penyesuaian tarif ini dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif, menjaga kepercayaan investor dan pelaku pasar terhadap industri jalan tol yang prospektif di Indonesia, serta menjamin level of servicepengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol,” ujar Vice President CorporateSecretary and Legal PT JTT Ria Marlinda Paallo di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

 

Kemenko Perekonomian klarifikasi Dana BOS untuk Makan Siang Gratis

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kantor Kemenko Perekonomian Dida Gardera mengklarifikasi bahwa penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Program Makan Siang Gratis masih sekadar usulan.

Selain menggunakan Dana BOS, dia juga mengatakan kabar penggunaan anggaran dari subsidi energi guna membiayai Program Makan Siang Gratis juga masih sekadar opsi untuk dipertimbangkan.

"Dari sisi pemerintah belum, itu kan baru wacana-wacana yang memungkinkan anggarannya dari situ. Kita belum mengkaji," kata Dida di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

 

Soetta ditetapkan jadi bandara paling pulih dari dampak pandemi

Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditetapkan sebagai bandara yang paling pulih dari dampak pandemi COVID-19 untuk kawasan Asia Pasifik dari OAG Aviation Worldwide Limited.

OAG Aviation Worldwide Limited, lembaga berbasis di London, Inggris yang memiliki platform data terkemuka di dunia untuk industri perjalanan, menetapkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai pemenang Asia-Pacific (ASPAC) AviationNetwork Champions, yakni medali emas kategori The Most Recovered Airport.

Berita selengkapnya
 

PLN bidik penambahan pembangkit listrik capai 80 GW pada 2040

PT PLN (Persero) menargetkan penambahan kapasitas pembangkit listrik mencapai 80 gigawatt (GW) pada 2040, dengan komposisi 60 GW berbasis energi baru terbarukan dan 20 GW berbasis gas.

“Bahwa sampai tahun 2040, penambahan kapasitas pembangkit totalnya sekitar 80 GW. 75 persennya (60 GW) berbasis pada energi baru terbarukan, 25 persennya (20 GW) berbasis pada gas,” ujar Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam acara bertajuk, “Powering The Future: Sustainable Energy Transformation For Indonesia 2024” di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

 

Kemenkeu: Penyusunan APBN 2025 sesuai prosedur

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Kementerian Keuangan Yustinus Prastowo menyatakan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 berjalan sesuai prosedur.

“Proses penyusunan APBN sebenarnya normal, sesuai timeline. Hanya kebetulan kita belum punya tradisi mengalami transisi,” kata Prastowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya

Baca juga: Kemenko Perekonomian klarifikasi Dana BOS untuk Makan Siang Gratis
Baca juga: PLN dan USTDA teken Mou Konektivitas EnergiBaca juga: Mulai 9 Maret, Penyesuaian tarif integrasi Tol Japek dan MBZ


 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024