Jakarta (ANTARA) -
Komisi X DPR RI mengharapkan tiga calon pemain Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia yang telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia dapat memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia.
 
"Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik dan juga benar-benar betah di Indonesia menjadi warga negara Indonesia yang baik dan bisa menjadi contoh bagi pemain-pemain lain,” kata Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.
 
Menurut Hetifah, keberadaan ketiga pemain naturalisasi yang terdiri atas Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Marteen Paes itu berpotensi besar memperkuat tim nasional sepak bola Indonesia. Ketiganya diharapkan pula dapat menularkan pengetahuan yang mereka miliki kepada pemain lainnya.
 
Sebelumnya, Komisi III DPR RI telah menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi kepada calon pemain timnas sepak bola Indonesia yang diajukan oleh pemerintah.
 
Hal itu disampaikan dalam Rapat Kerja DPR bersama sejumlah kementerian terkait permohonan naturalisasi tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Komisi III DPR menyetujui naturalisasi 3 calon pemain Timnas 

Baca juga: PSSI jadwalkan sumpah WNI Thom, Ragnar, dan Maarten pada 12 Maret
 
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM Cahyo Rahadian mengatakan ketiga pemain asal Belanda itu memiliki darah atau garis keturunan dari Indonesia. Ketiganya diajukan untuk dinaturalisasi demi membuat timnas sepak bola Indonesia lebih berprestasi.
 
"Permohonan kewarganegaraan tersebut telah melalui pemeriksaan dan penelitian oleh tim pemeriksa dan peneliti pemberian kewarganegaraan," tutur Cahyo.
 
Ragnar Oratmangoen (26) merupakan pemain berposisi penyerang sayap atau winger yang saat ini membela klub Fortuna Sittard (Belanda) dengan status pinjaman dari Groningen. Ia memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.
 
Sementara itu, Thom Haye (28) merupakan gelandang klub Herrenveen (Belanda) yang memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo.
 
Berikutnya, Maarten Paes (25) mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku. Maarten lahir di Nijmagen, Belanda pada 14 Mei 1998 dan saat ini tengah berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat FC Dallas.

Baca juga: Amali tegaskan tujuan naturalisasi bukan untuk singkirkan pemain lokal

Baca juga: PSSI sebut proses naturalisasi pemain adalah progam jangka pendek

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024