Jakarta (ANTARA News) - Satria Muda Britama Jakarta merekrut Vinton Nolland Surawi dari Garuda Kukar Bandung untuk memperkuat tim di Liga Bola Basket Nasional (NBL) 2013-2014 lewat skema pertukaran dengan Galank Gunawan, yang pergi ke arah sebaliknya.

Pelatih Satria Muda Cokorda Raka Satrya Wibawa menilai keputusan manajemen merekrut Vinton sebagai  langkah tepat mengingat ia merupakan pemain dengan keterampilan beragam, demikian menurut siaran pers diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

"Vinton adalah big man yang mampu bermain di bawah ring dan berkemampuan baik dalam urusan tembakan dari luar, selain juga memiliki catatan rebound yang baik," ujar pria yang akrab disapa Wiwin tersebut.

Menurut Wiwin, kehadiran Vinton juga memberi pilihan tambahan untuk barisan para pemain post di Satria Muda.

"Ia juga akan menjadi pelapis yang bagus untuk Rony Gunawan serta para pemain post kami yang lain," katanya.

Pada musim lalu, Vinton memiliki catatan rata-rata mencetak 8,7 poin, 8,5 rebound; 2,3 assist dan 1,9 steal per pertandingan bersama Garuda.

Vinton juga terbukti memiliki keterampilan beragam. Capaian persentase tembakan tiga angka dia sebesar 30,6 persen, lewat keberhasilan melesakkan 19 dari 62 kali percobaan.

Persentase tersebut berada di atas rata-rata tembakan tiga angka NBL yang berada di angka 26,6 persen.

Selain itu Vinton, yang merupakan pemain tim nasional senior bola basket 3X3 Indonesia, tercatat berhasil memanfaatkan 70,7 persen lemparan bebasnya musim lalu.

Wiwin berharap Vinton bisa melengkapi tim Satria Muda. "Mudah-mudahan Vinton adalah missing piece yang belum kami miliki di Turnamen Pramusim NBL lalu, sehingga performa Satria Muda akan lebih baik lagi musim depan," ujarnya.

Vinton berkesempatan melakukan debut bersama Satria Muda pada Seri I NBL 2013-2014 yang akan dimulai pada 16 November mendatang di Malang.


Kepergian Galank

Kepergian Galank Gunawan ke Garuda tidak bisa dipungkiri menjadi sebuah kehilangan bagi Satria Muda.

"Satria Muda sangat bangga punya pemain seperti Galank yang telah menunjukkan perkembangan pesat sejak pertama kali bergaubng hingga kini bisa menjadi pemain di tim nasional Indonesia," kata Riska Natalia, Direktur Pelaksana Indonesia Sport Venture, perusahaan pemilik Satria Muda.

Galank pergi ke Garuda berbekal catatan rata-rata 6,9 poin; 10 rebound; 1,2 assist; 1,6 steal dan 1 blok per pertandingan serta prestasi sebagai peraih gelar Pemain Bertahan Terbaik NBL 2012-2013.

Galank baru akan memperkuat Garuda pada Seri II di Jakarta karena ia masih harus menjalani pemusatan latihan bersama Tim Nasional Bola Basket untuk SEA Games 2013 di Myanmar.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013