Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengemukakan situasi kondusif usai pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 sangat penting bagi stabilitas nasional.

"Saya sepakat bahwa situasi kondusif pascasuatu peristiwa yang namanya pemilu itu memang isu yang sangat penting. Alhamdulillah kita sudah bincang-bincang di dalam, menurut penilaian kami, alhamdulillah ya menurut saya cukup kondusif,” kata Hetifah dalam diskusi yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis.

Hetifah yang menjadi narasumber dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk "Jaga Stabilitas Keamanan Nasional Pascapilpres" yang digelar di Kompleks Parlemen itu menilai bahwa situasi kondusif pasca-Pemilu 2024 penting karena menjadi basis stabilitas.

"Karena memang bagi negara yang demokratis seperti Indonesia, situasi kondusif itu mengapa penting? Karena menjadi basis lingkungan yang aman dan stabil pada saat penghitungan suara, pada saat nanti hasil pemilu diumumkan, itu tidak terjadi konflik sosial, itu sesuatu yang sangat penting bagi stabilitas, termasuk ekonomi," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR minta pemerintah antisipasi dampak ekonomi pascapemilu

Menurut dia, menjaga kedamaian dan stabilitas merupakan tanggung jawab bersama.

Dia juga mengimbau agar publik memberikan kepercayaan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan penghitungan suara.

"Jika memang menemukan kejanggalan-kejanggalan, tentunya pihak-pihak yang merasa dirugikan masih diberikan kesempatan untuk menempuh jalur yang sesuai dengan mengemukakan bukti-bukti sah yang dimilikinya," katanya.

Baca juga: Kiat Hadi Tjahjanto menciptakan suasana tenteram pascapemilu 

Hetifah juga menambahkan bahwa aparat keamanan dan lembaga penegak hukum memiliki peran yang penting untuk menjaga situasi tetap kondusif pascapemilu.

"Jadi, pihak keamanan ini juga, menurut saya dalam proses hukum terkait pelanggaran pemilu nanti, termasuk peran MK (Mahkamah Konstitusi), semua itu sangat penting supaya nanti pascapemilu itu betul-betul sampai tahapan terakhir itu terjaga situasi kondusifnya,” katanya.

Baca juga: Menko Polhukam safari ke tokoh agama demi jaga situasi tetap kondusif

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024