Makassar (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin mengatakan pembukaan penerbangan rute Makassar-Banjarmasin pulang pergi PP) semakin memperkuat provinsi ini sebagai hub Kawasan Indonesia Timur (KTI).

"Rute ini dibuka untuk memudahkan masyarakat Sulsel yang bermukim di Kalimantan Selatan (Kalsel), sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat kita," kata Bahtiar di Makassar, Jumat.

Baca juga: Maskapai tambah jadwal penerbangan di Bandara Hasanuddin

Ia menjelaskan maskapai Lion Air akan melayani penumpang mulai 20 Maret 2024 dan beroperasi pada setiap hari.

Maskapai Lion Air akan melayani penumpang Makassar-Banjarmasin pukul 14.10 - 15.30 dan Banjarmasin-Makassar pukul 16.10 - 17.40.

Selain jalur udara, Pj Gubernur Bahtiar sedang mengupayakan percepatan proses tol laut. Kapal angkutan orang masuk ke Teluk Bone, menyusuri pantai timur Pesisir Sinjai, Pesisir Bone, Wajo, Luwu, Palopo, Luwu Utara, hingga Luwu Timur.

Ia mengatakan teluk Bone adalah raksasa yang sedang tidur. Untuk itu, ia ingin menghidupkan kembali potensi ekonomi di teluk Bone, termasuk hasil buminya. Teluk ini tidak kalah potensinya dengan teluk lain yang ada di Indonesia dan diharapkan menjadi lokomotif pembangunan di Sulsel.

Baca juga: Lion Air layani penerbangan Ternate-Makassar PP tiga kali sehari

Baca juga: Garuda kembali buka penerbangan langsung Makassar-Madina


Menurut dia, teluk Bone disebut sebagai raksasa sedang tidur, karena lanskap ekonomi dan potensi yang dimilikinya.

Selama ini, bahkan sejak zaman penjajahan pantai barat di Sulsel, yakni selat Makassar lebih dikenal dan diperhatikan pembangunannya. Padahal, teluk Bone dulunya adalah jalur laut yang penting

"Jika ini bisa kita lakukan, pendapatan dan ekonomi masyarakat kita akan meningkat," ucapnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024