Samarinda (ANTARA) -
Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggandeng perusahaan daerah maupun pihak swasta dalam melakukan penanganan pasien tuberkulosis (TB) di wilayah itu.
 
"Kami menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim-Kaltara (Bankaltimtara) menyalurkan bantuan untuk pasien TB," kata Kepala Dinkes Kaltim Jaya Mualimin di Samarinda, Jumat.
 
Ia menerangkan bantuan dari Bankaltimtara tersebut dilakukan melalui dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dialokasikan khusus untuk membantu pasien TB.

Baca juga: Dinkes Kaltim temukan pengindap TBC 811 kasus  selama Januari
 
"Ada 50 pasien yang dibantu. Pasien TB memang membutuhkan pengobatan yang lama, minimal satu tahun dan perlu tambahan nutrisi serta suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh," ujar Jaya.
 
Ia menambahkan program peningkatan TB pada pasien tersebut perlu dilakukan dengan melibatkan seluruh CSR di Kaltim, karena masalah TB utamanya adalah kekebalan menurun karena kurang gizi.
 
"Kami memberikan bantuan nutrisi, protein, telur, karbohidrat, beras, dan vitamin. Beberapa makanan yang dibutuhkan untuk memperkuat imunitas mereka," ujarnya.
 
Selain Bankaltimtara, Dinkes Kaltim juga menguatkan kolaborasi dengan perusahaan lain, terutama di bidang pertambangan, karena produktivitas perusahaan dipengaruhi oleh kesehatan karyawan.
 
"Apalagi, ini penyakit menular, tentu mereka yang terjangkit penyakit TB bisa menulari karyawan lain kalau di lokasi. Maka, kami akan kembangkan ke beberapa perusahaan untuk melakukan intervensi dan pengobatan gratis dari kementerian," katanya.
 
Ia menjelaskan Dinkes Kaltim juga bekerja sama dengan beberapa yayasan yang terlibat dalam kolaborasi pengobatan TB, seperti Yayasan Penabulu, Yayasan Mahakam, hingga Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI).

Baca juga: Dinkes Kaltim berupaya kendalikan penyakit tropis terabaikan

Baca juga: Dinkes Kaltim ingatkan masyarakat waspadai penyakit leptospirosis
 
"Kami punya target penemuan 21 ribu kasus baru untuk setiap tahun, bulan lalu baru dapat 811. Ini perlu bergandengan dengan mitra, bukan hanya lintas sektor dalam lingkup pemerintahan," tuturnya.
 
Menurutnya, TB menjadi salah satu indikator pembangunan daerah yang harus ditanggulangi bersama-sama, karena tiap tahun angka kasusnya meningkat.
 
"Kasus TB di Indonesia nomor dua di dunia setelah India. Oleh karena itu, perlu upaya bersama melakukan terobosan, seperti skrining dan pemeriksaan kesehatan secara rutin," kata Jaya.

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024