GGM Talaga Manggung sudah dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadai, serta memiliki kapasitas cukup besar untuk menunjang kegiatan pembinaan atlet muda di Majalengka
Majalengka (ANTARA) -
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Talaga Manggung di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, merupakan fasilitas terbaik untuk mengembangkan bibit atlet setempat agar meraih prestasi di bidang olahraga.
 
“GGM Talaga Manggung sudah dilengkapi sejumlah fasilitas yang memadai, serta memiliki kapasitas cukup besar untuk menunjang kegiatan pembinaan atlet muda di Majalengka," kata Erick setelah meresmikan GGM Talaga Manggung di Majalengka, Jawa Barat, Jumat.
 
Erick juga menekankan kehadiran sarana olahraga ini adalah hasil kerja sama BUMN dan instansi terkait lainnya untuk membantu pemerintah daerah (pemda) memanfaatkan potensi yang ada dengan maksimal.
 
ia mengungkapkan bahwa Kementerian BUMN melalui Pertamina sudah memakai dana CSR untuk merenovasi penuh fasilitas di GGM Talaga Manggung menjadi lebih baik.
 
“Kita ingin coba menggelorakan kembali beberapa daerah yang punya potensi kita tingkatkan prestasinya. Di situlah kemarin Pertamina hadir dengan CSR-nya memperbaiki gelanggang olahraga ini, karena memang selama ini (kondisinya) cukup memprihatinkan,” ujarnya.

Baca juga: Menteri Erick buka peluang pertumbuhan ekonomi melalui GGM Pertamina
 
Selain olahraga, Erick menuturkan GGM Talaga Manggung dapat digunakan masyarakat untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan positif seperti pameran produk UMKM setempat, seminar pendidikan hingga ajang pentas kebudayaan yang ada di Majalengka.
 
“Kami di Jawa Barat peduli dengan masa depan generasi muda, termasuk pendidikan rohani, sekolah, kepemimpinan, dan kesehatan jasmani,” kata Erick.
 
Sementara Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menyambut baik peresmian GGM Talaga Manggung yang bisa dimanfaatkan sebagai pusat pembinaan atlet usia dini, misalnya pada cabang olahraga voli.
 
Dalam waktu dekat, dia berencana mengadakan berbagai ajang kejuaraan voli bergengsi di Majalengka sehingga bibit atlet dengan teknik yang mumpuni bisa dijaring dan dibina agar berprestasi pada tingkat regional maupun nasional.
 
Bey pun meminta Pemda Kabupaten Majalengka untuk menjaga sarana olahraga ini, supaya masyarakat bisa memakainya dan kondisi fasilitas yang ada tetap terawat.

Baca juga: Pengelola BIJB pastikan bencana banjir tak ganggu aktivitas bandara
 
“Kami sampaikan terima kasih kepada Menteri BUMN, Jaksa Agung dan Pertamina atas direvitalisasinya gedung olahraga ini dan tentunya semoga ada tambahan lagi di Jawa Barat. Tidak hanya Majalengka saja,” ujar Bey.
 
Dalam kesempatan tersebut, Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menambahkan nama “Talaga Manggung” yang disematkan pada fasilitas olahraga ini memiliki keterkaitan dengan sejarah pendirian Majalengka di masa lampau.
 
Sebagai putra daerah asli Majalengka, ia berharap kehadiran GGM Talaga Manggung bisa membawa dampak positif bagi masyarakat dan prestasi olahraga di kabupaten tersebut.
 
“Talaga Manggung itu cikal bakal Majalengka. Terjadilah gedung olahraga ini bernama Talaga Manggung,” katanya.
 
Pada acara peresmian itu, hadir pula Penjabat Bupati Majalengka Dedi Supandi, jajaran direksi dari Pertamina dan BUMN lainnya.
 
Setelah dilakukan revitalisasi memakai dana CSR dari Pertamina senilai Rp70 miliar, GGM Talaga Manggung Majalengka kini memiliki fasilitas olahraga seperti voli, basket, sepak takraw, bulutangkis dan taekwondo. Sedangkan di bagian luarnya terdapat wahana panjat tebing.

Baca juga: BIJB Kertajati tambah rute penerbangan baru pada 2024
 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024