Tangerang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang, Banten, menyelenggarakan kegiatan pengembangan kapasitas pelatihan fundraising yang diikuti oleh puluhan relawan untuk pengumpulan zakat selama Ramadhan 2024 dengan target Rp8 miliar.

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Baznas Kota Tangerang Sobrun Jamili di Tangerang, Jumat, mengatakan pelatihan fundraising tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para relawan yang akan ditugaskan untuk membantu dalam merealisasikan target pengumpulan zakat dan infak selama Ramadhan.

Baca juga: Baznas Kota Tangerang alokasikan Rp444 juta santuni 1.444 anak

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan fundraising dari Beasiswa Cendekia, Mahasiswa Kader Ulama LP2KU-MUI, dan Relawan Berzakat.

“Pelatihan ini secara khusus bertujuan untuk membekali para relawan dalam membantu tugas filantropi Baznas Kota Tangerang selama Ramadhan," kata dia.

Tidak hanya itu, Baznas Kota Tangerang juga menggandeng narasumber berkompeten untuk meningkatkan kualitas para relawannya selama pelatihan fundraising meliputi Anwar Musadad selaku Ketua Satuan Audit Internal (SAI) Baznas Kota Tangerang dan Abdul Aziz selaku praktisi profesional yang telah berpengalaman di bidang filantropi.

Baca juga: Baznas Kota Tangerang salurkan zakat Rp1,3 miliar tunai dan sembako

Ia berharap pelatihan fundraising tersebut dapat menjadi pengalaman penting bagi relawan sebelum berkontribusi langsung di lapangan untuk merealisasikan pengumpulan zakat dan infak.

“Setelah pelatihan berlangsung, kami akan menerjunkan para relawan untuk bertugas di gerai layanan zakat yang akan didistribusikan Baznas Kota Tangerang di 13 kecamatan dan pusat-pusat keramaian di Kota Tangerang,” ujar Sobrun

Baca juga: Baznas target 8.706 pegawai ikut zakat profesi potensi Rp40 miliar

Abdul Aziz selaku praktisi profesional pengumpulan zakat dan infak mengatakan banyak ilmu pengetahuan yang disampaikan di pelatihan fundraising mulai dari seputar filantropi secara luas sampai relevansi pemanfaatan dana dan teknis digital untuk mengoptimalkan capaian filantropi.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024