Kami mengajak seluruh karyawan di InJourney Group untuk memulai menjalankan pola hidup 'sustainability living'
Bogor (ANTARA) - Holding BUMN pariwisata dan pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, menyelenggarakan kegiatan penanaman 15.000 pohon untuk menumbuhkan pariwisata berkelanjutan.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria mengatakan penanaman pohon merupakan langkah kecil untuk mendorong bertumbuhnya pariwisata berkelanjutan, yakni pariwisata yang berorientasi pada dampak jangka panjang bagi sektor sosial, ekonomi serta lingkungan.

"Kami mengajak seluruh karyawan di InJourney Group untuk memulai menjalankan pola hidup sustainability living. Karena untuk mendorong sektor pariwisata yang rendah karbon atau net zero emission (NZE) dimulai dari diri kita sendiri," kata Dony melalui keterangan yang diterima di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Kegiatan menanam pohon ini dilakukan secara serentak oleh seluruh anggota InJourney Group di seluruh wilayah operasional kerja di Indonesia dengan pusat kegiatan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tak hanya penanaman pohon, kegiatan yang merupakan kick off atau sebuah tanda dimulainya gerakan "InJourney Green" ini diramaikan dengan sepeda gembira, jalan gembira dan green talks.

Baca juga: InJourney : Pengunjung F1 Powerboat 2024 mencapai 70.000 orang

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung misi InJourney untuk membangun ekosistem pariwisata berkelanjutan di Indonesia melalui penerapan inisiatif hijau di setiap aspek operasional InJourney dengan memiliki tiga pilar yakni Sustainable Operations, Sustainable Tourism Destinations, dan Sustainable Environment.

InJourney menyadari bahwa kontribusi sektor pariwisata untuk pencapaian target NZE pada 2060 sangat signifikan. Karena itu, InJourney Group terus berkomitmen untuk menciptakan green and sustainable tourism melalui rangkaian kegiatan di berbagai destinasi pariwisata, dan juga dalam praktik-praktik korporasi.

Inisiatif hijau telah diterapkan InJourney dalam berbagai program pengembangan destinasi pariwisata salah satunya dalam menciptakan atraksi dan "event" yang diselenggarakan, seperti Indonesian GP atau MotoGP Mandalika, F1Powerboat, Aquabike World Championship, serta beberapa ajang lainnya.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, menjaga keberlangsungan wisata alam merupakan kewajiban semua orang, terutama para pelaku industri wisata, termasuk InJourney sebagai orkestrator pariwisata di Indonesia.

"Hal itu dapat dilakukan dengan konsep Sustainable Tourism Destination yang diwujudkan melalui penyelenggaraan event yang ramah lingkungan di destinasi wisata," kata Maya.

Ke depannya, berbagai inisiatif program keberlanjutan akan terus dilakukan untuk membangun sektor pariwisata yang hijau serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat lokal.

Baca juga: InJourney klaim F1 Powerboat Danau Toba 2024 lebih baik dari tahun lalu

Baca juga: InJourney sebut tiket kelas festival untuk F1 Powerboat "sold out"

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024