Kita bisa membahas setelah ada keputusan KPU siapa pemerintah yang akan datang karena pengguna APBN 2025 adalah pemerintah yang akan datang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan bahwa Kantor Kemenko Perekonomian menyediakan makan siang gratis bagi pegawai seharga tidak lebih dari Rp15 ribu per porsi selama setahun terakhir.

“Jadi, makan (gratis) itu adalah standard di Kantor Kemenko, sudah berjalan satu tahun dan biaya tidak lebih dari Rp15 ribu,” ucap Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan bahwa program tersebut diberikan untuk seluruh pegawai, mulai dari dirinya hingga office boy.

Terkait rencana Program Makan Siang Gratis bagi siswa yang dicanangkan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ia mengatakan bahwa pembahasan detil dilakukan setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan hasil Pemilu dan Pilpres 2024.

Baca juga: Pemerintah simulasi makan siang gratis di Merauke usai Lebaran

Baca juga: Wapres sebut dana BOS untuk makan siang gratis belum jadi keputusan


“Kita bisa membahas setelah ada keputusan KPU siapa pemerintah yang akan datang karena pengguna APBN 2025 adalah pemerintah yang akan datang,” kata Airlangga.

Ia pun menyampaikan bahwa simulasi program tersebut yang telah dilaksanakan di Kabupaten Tangerang akhir bulan lalu merupakan inisiatif dari pemerintah setempat.

Dia menyatakan bahwa simulasi tersebut akan dilanjutkan di wilayah lainnya, baik daerah perkotaan, pedesaan maupun pesisir.

“Dengan semakin banyak yang menyiapkan (simulasi) itu, opsi-opsinya akan semakin terlihat. Nah, dari situ baru pemerintah membuat kebijakan,” ujarnya.

Baca juga: Kemenko Perekonomian klarifikasi Dana BOS untuk Makan Siang Gratis

Baca juga: P2G minta program makan siang gratis tak gunakan anggaran pendidikan


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024