“Saya mendorong agar anak muda di Tanah Papua ini lebih berkarya dan berani membantu menyuarakan hak-hak perempuan,”
Jayapura (ANTARA) - Tokoh perempuan Papua Yohana Yembise mengatakan sudah saatnya generasi muda setempat harus berani dalam menyuarakan tentang kekerasan terhadap kaum perempuan.

“Saya mendorong agar anak muda di Tanah Papua ini lebih berkarya dan berani membantu menyuarakan hak-hak perempuan,” katanya di Jayapura, Sabtu (9/3).

Menurut Yohana untuk itu sudah saatnya kaum perempuan di Tanah Papua tidak boleh berdiam diri namun harus bersuara seperti di daerah lainnya.

“Saya melihat saat ini perempuan di Tanah Papua sudah mulai maju hanya saja masih sedikit yang menyuarakan tentang hak Perempuan khususnya di daerah-daerah,” ujarnya.

Dia menjelaskan hal ini terlihat banyaknya keterlibatan Perempuan Papua yang mendaftar ke dunia politik yang mana nantinya menjadi salah satu wadah dalam menyampaikan aspirasi.

“Memang kekerasan dalam rumah tangga itu masih ada sehingga untuk menghilangkan budaya itu harus ada keterlibatan tokoh masyarakat, perempuan,agama dan pemerintah,” katanya yang juga merupakan Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Periode 2014-2019.

Menurut Yohana, untuk itu mari membuat aksi guna memutuskan mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak di Bumi Cenderawasih.

“Untuk itu melalui peringatan Hari Perempuan Internasional semua anak muda khususnya kaum perempuan agar ikut memberikan mendorong sehingga ikut bersuara dan menyalurkan hak-haknya,” ujarnya.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024