Jakarta (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan ringan akan melanda sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Sabtu.
 
Situs BMKG menyatakan, hujan ringan hari ini berpotensi mengguyur beberapa wilayah yakni Denpasar, Serang, Bengkulu, Banjarmasin, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Kupang, Manokwari, Mamuju, Kendari, Palembang, dan Medan.
 
BMKG juga memprediksi cuaca hari ini di wilayah Kota Yogyakarta akan dilanda hujan lebat, sedangkan Kota Jakarta Pusat, Jambi, Surabaya, dan Makassar berpotensi dilanda hujan disertai petir.
 
BMKG juga memprakirakan hujan sedang akan melanda beberapa wilayah seperti Bandung, Pontianak, dan Mataram.
 
Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi akan diselimuti cuaca berawan pada siang hari ini, seperti Banda Aceh, Gorontalo, Semarang, Samarinda, Tanjung Pinang, Kota Jayapura, dan Padang.  
 
Wilayah Tarakan diprediksi cerah dengan suhu 24-33 derajat Celcius, sedangkan Ternate dan Manado diprakirakan cerah berawan dengan suhu rata-rata 23-32 derajat Celcius.
 
Sebelumnya, Prakirawan BMKG Efa Septiani mengatakan, keberadaan Madden Julian Oscillation (MJO) yang teridentifikasi masih aktif ditambah masih adanya gelombang Rossby Ekuator berkontribusi meningkatkan curah hujan di Indonesia.
 
Efa menuturkan, MJO terletak di Samudra Hindia dan gelombang Rossby Ekuatorial ada di Sumatera bagian utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan juga Papua bagian selatan.
 
"Selain itu terdapat juga bibit Siklon Tropis 91S di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra yang memberi dampak tidak langsung berupa gelombang laut berkisar 1,25 hingga 2,5 meter," katanya.

Baca juga: Jakpus dan Jakut diprakirakan akan hujan petir pada Sabtu siang

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin kencang di Sumut

Baca juga: BMKG prediksi hujan masih guyur sejumlah daerah di Sumbar

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024