Jakarta (ANTARA) - Soul Machines, perusahaan di balik “manusia digital” yang didukung AI , meluncurkan kemitraannya dengan Authentic Brands Group pada hari Jumat (8/3) untuk Digital Marilyn Monroe.
 
Ditulis laman The Hollywood Reporter, Authentic memperoleh kekayaan intelektual Monroe pada tahun 2011 setelah dijual oleh Anna Strasberg, istri mendiang guru akting Monroe, Lee Strasberg. Monroe telah mewariskan sebagian besar harta miliknya kepada Lee dalam surat wasiatnya.
 
Digital Marilyn dikatakan menawarkan peluang berinteraksi dengan penggemar secara real-time menggunakan pemrosesan bahasa alami yang canggih, pembelajaran mendalam, dan GPT 3.5. Ia membalas dengan suara dan kepura-puraan Marilyn, berbagi anekdot dari mendiang bintang tersebut dan bahkan menyampaikan salam yang dipersonalisasi.

Baca juga: Gaun Monroe tahun 1962 terjual seharga 4,8 juta dolar AS
 
"Kolaborasi ini menunjukkan kekuatan transformatif AI dalam menghubungkan merek dan konsumen. Digital Marilyn menampilkan AI Biologis kami, menghidupkan kepribadian ikonik melalui dialog yang menarik dan kecerdasan emosional. Ini lebih dari sekedar nostalgia; ini adalah gambaran sekilas tentang masa depan interaksi yang mendalam,” kata salah satu pendiri dan CEO Soul Machines, Greg Cross, dalam sebuah pernyataan.
 
Tampilan eksklusif pertama Digital Marilyn ditampilkan di SXSW di Austin, Texas, pada hari yang sama dengan pengumumannya.
 
Wakil presiden eksekutif, hiburan, di Authentic Brands Group Dana Carpenter mengatakan Marilyn Monroe tetap menjadi ikon abadi, menginspirasi generasi dengan bakat, karisma, dan warisan abadinya.
 
“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Soul Machines, yang teknologi mutakhirnya sangat cocok untuk menghidupkan Marilyn di era AI. Meskipun Marilyn Monroe tidak akan pernah bisa digantikan atau diduplikasi, Digital Marilyn membuka kemungkinan menarik bagi banyak generasi penggemar untuk berinteraksi dengannya dengan cara yang benar-benar baru, memupuk hubungan yang lebih dalam dan apresiasi atas semangat abadi dan jejak yang ditinggalkannya di dunia," kata Carpenter.
 
Soul Machines, didirikan pada tahun 2016 oleh Cross dan Mark Sagar, sebelumnya telah menciptakan Selebriti Digital termasuk Carmelo Anthony, Jack Nicklaus, Mark Tuan, dan Francis Ngannou.
 
Atas pemberitaan tersebut, sejumlah pengguna media sosial mengkritik perkembangan tersebut.
 
AI dan perannya dalam industri hiburan menjadi topik hangat selama pemogokan ganda aktor dan penulis tahun lalu. Meskipun serikat pekerja merundingkan kesepakatan yang dirancang untuk melindungi anggotanya dari teknologi, Sora dari OpenAI baru-baru ini memicu ketakutan baru.
 
Teknologi dari perusahaan yang dipimpin Sam Altman, yang diluncurkan bulan lalu, dapat menghasilkan video adegan kompleks berkualitas tinggi.

Baca juga: Kendall Jenner jadi ikon "Marilyn Monroe" di Halloween kali ini

Baca juga: Gaun Marilyn Monroe dikabarkan rusak setelah dikenakan Kim Kardashian

Baca juga: Potret Marilyn Monroe karya Andy Warhol dilelang Rp2,8 triliun

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024