Jakarta (ANTARA) - Pembalap Pertamina Enduro VR46 Fabio Di Giannantonio menargetkan untuk merebut setidaknya dua baris pertama grid pada sesi kualifikasi MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, Sabtu.

“Tujuan utama adalah menembus kualifikasi dua (Q2) dan kemudian dua baris pertama di grid, yang penting untuk balapan (utama),” ungkap Di Giannantonio, dikutip dari keterangan resmi VR46.

Adapun pembalap yang akrab disapa Diggia itu finis di P8 pada sesi latihan bebas pertama dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 52,987 detik. Ia hanya terlampau 0,363 detik saja dari Jorge Martin (Prima Pramac) yang finis di posisi pertama sesi tersebut.

Pada sesi latihan bebas kedua, hujan tiba-tiba mengguyur Lusail dan membuat para pembalap harus segera beradaptasi dengan trek basah. Diggia mencatatkan waktu lap tercepat pada sesi latihan kedua dengan 2 menit 07,997 detik.

“Kami harus mengubah rencana kami karena hujan membuat segalanya menjadi lebih rumit. Namun saya tetap senang dengan perasaan saya di atas motor saat cuaca kering. Kami cukup cepat dan saya yakin untuk sesi kualifikasi,” ujar dia.

Baca juga: Rins dan Quartararo akui alami kesulitan saat berpacu di trek basah

Sementara itu, Marco Bezzecchi memiliki nasib yang kurang baik dengan finis di posisi 18 pada latihan bebas pertama. Pembalap Italia itu mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 53,626 detik pada sesi pertama dan 2 menit 08,648 di sesi kedua.

“Dalam hal membalap, saya mengerjakan aspek yang sama. Saya kesulitan untuk menghentikan motor, saya merasakan sensasi selalu melebar dan tidak sempurna,” kata Bezzecchi.

“Kami telah mengambil beberapa langkah, kami memiliki jalur yang harus diikuti, tapi saya juga harus menyesuaikan gaya berkendara saya,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, para pembalap akan kembali ke trek dan melakoni sesi latihan terakhir MotoGP Qatar pada pukul 17.40 WIB. Setelah itu, mereka akan mengikuti kualifikasi dan Sprint yang masing-masing bergulir pada pukul 18.40 WIB dan 23.00 WIB.

Baca juga: Bagnaia kecewa tak tampil maksimal pada sesi latihan MotoGP Qatar
Baca juga: Jorge Martin pimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024