Air Danau Sentani harus diolah dulu sebelum dialirkan ke rumah warga yang menjadi pelanggan
Jayapura (ANTARA) - Direktur PT Air Minum Jayapura (AMJ) Entis Sutisna menyebutkan hingga saat ini pihaknya belum menggunakan air Danau Sentani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pelanggan perusahaan itu.

Air Danau Sentani belum dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat karena harus diolah terlebih dahulu hingga memenuhi standard.

"Air Danau Sentani harus diolah dulu sebelum dialirkan ke rumah warga yang menjadi pelanggan," kata Entis Sutisna di Jayapura, Papua, Sabtu.

Dijelaskan, saat ini memang sudah dibangun pipa penyedot dan bak penampung air dari Danau Sentani namun belum ada tempat dan peralatan pengolah air.

Baca juga: PT Air Minum Jayapura prioritaskan pembangunan sumber air Muara Tami

Baca juga: PDAM Jayapura butuh Rp10 miliar untuk perbaikan sumber air Kampwalker


Tanpa diproses terlebih dahulu, air tersebut tidak dapat dimanfaatkan, kata Entis seraya menambahkan, pihaknya berharap ada pembangunan tempat mengolah air hingga layak digunakan.

Saat ini PT AMJ mengelola 23 titik sumber air yang ada di Pegunungan Cycloop dan terbentang dari Kabupaten hingga Kota Jayapura.

"Saat ini jumlah pelanggan PT AMJ tercatat 38 ribu terdiri atas empat ribu pelanggan berada di Kabupaten Jayapura dan sisanya di Kota Jayapura," kata Entis Sutisna.

Baca juga: PDAM Jayapura bantu tandon dan 1.000 karton AMDK untuk pengungsi

Baca juga: Tiga titik pipa PDAM Jayapura terjadi pergeseran akibat gempa bumi




 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024