Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menutup sejumlah ruas jalan di ibukota terkait pelaksanaan Jakarta Night Religious Festival Senin malam.

Kegiatan tersebut akan berlangsung mulai pukul 19.00 hingga 23.00 WIB di sepanjang Jalan MH Thamrin atau tepatnya di Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Monas (silang barat daya), kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakrta Udar Pristono, Senin .

Untuk itu, Dishub DKI akan melakukan penutupan jalan di sejumlah ruas, diantaranya:
-Jalan MH Thamrin (Dukuh Atas hingga Bundaran Patung Kuda), -Jalan Medan Merdeka Selatan,
-Jalan Medan Merdeka Barat,
-Jalan Kebon Sirih (simpang Jalan Abdul Muis hingga Jalan Agus    Salim/Sabang).
-Jalan Wahid Hasyim (simpang Jalan Mas Mansyur hingga Jalan Agus Salim/Sabang)
-Jalan Budi Kemuliaan
-Jalan Museum
-Jalan Majapahit sisi timur (simpang Harmoni hingga Jalan Medan Merdeka Utara).

"Bagi pengendara yang akan melintas agar melalui jalur alternatif. Kendaraan dari arah selatan agar melalui Jalan Galunggung atau Jalan Karet Pasar Baru Timur. Sedangkan, dari arah utara agar melalui Jalan Ir H Juanda atau Jalan Abdul Muis," kata Kepala Dishub DKI Udar Pristono di Jakarta, Senin.

Selama acara berlangsung, lanjut dia, akan dilakukan penyesuaian waktu operasional Busway Transjakarta, yakni Koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor II (Pulo Gadung-Harmoni).

Untuk Koridor I, mulai pukul 15.00 hingga 23.00 WIB akan dilakukan perpendekan rute, yaitu hanya melayani rute Kota menuju Harmoni dan sebaliknya. Jadi, dari arah Kota berputar di Pecenongan-Juanda-Harmoni-kembali ke Kota.

Koridor II, pada pukul 15.00 hingga 23.00 WIB untuk rute Harmoni-Pulo Gadung, perjalanan bus akan dimulai dari Halte Harmoni melewati Halte Pecenongan-Halte Juanda-Halte Pasar Baru-Jalan Pejambon-Halte Kwitang dan seterusnya menuju Pulo Gadung. Bus tidak melintasi Halte Monas-Balai Kota-Gambir 1 dan 2.

Pristono juga mengimbau masyarakat yang datang ke acara tersebut agar memarkirkan kendaraannya di lokasi-lokasi parkir yang sudah disediakan.

"Bagi warga yang membawa kendaraan dapat memarkirkannya di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan dan diharapkan agar hadir sebelum pukul 16.00 WIB," ujar dia.

Sejumlah lokasi parkir tersebut, antara lain lapangan parkir IRTI Monas (dapat diakses melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara), lapangan parkir Istiqlal (dapat diakses melalui Jalan Veteran dan parkir-parkir of street (gedung dan mal) yang ada di sepanjang lokasi kegiatan atau Jalan Perwira).

Jakarta Night Religious Festival 2013 akan dimeriahkan 1.000 bedug bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo(Jokowi).

Dalam acara tersebut, terdapat sebanyak 20 panggung mini di sepanjang Jalan MH Thamrin dan satu panggung utama di Monas.

Pewarta: Rany
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013