Seru, menarik ya karena kegiatan ini baru pertama kali digelar di Jakarta."
Jakarta (ANTARA News) - Banyak gerai mal di kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta tutup lebih awal menjelang berlangsungnya festival keagamaan malam hari di Jakarta (Jakarta Night Religious Festival/JNRF) 2013 seiring kedatangan peserta dan masyarakat penontonnya, Senin petang.

Para peserta berdatangan dari berbagai kelurahan di penjuru DKI Jakarta. Kostum mereka mayoritas berbaju koko putih, sarung putih, dilengkapi peci dan kain sorban putih dikalungkan.

Di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai pukul 16.00 WIB tampak sejumlah peserta menarik gerobak-gerobak hias yang mengangkut bedug.

Ada bedug mini, ada juga yang berukuran besar. Hiasannya mayoritas dari kertas warna-warni yang ditempelkan menutupi bagian perut bedug, serta seluruh bagian gerobak.

"Seru, menarik ya karena kegiatan ini baru pertama kali digelar di Jakarta," ujar Ruri, warga Palmerah, Jakarta Selatan.

Sejumlah pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin juga tampak meningkatkan pengamanan.

Di depan lobi Menara BCA dan Grand Indonesia terlihat jumlah petugas keamanan lebih banyak dibanding hari-hari biasanya. Jika pada hari biasa sekitar empat orang, kini lebih dari enam orang tampak bersiaga.

"Memang benar, kami tingkatkan keamanan untuk kenyamanan pengunjung," kata petugas layanan pelanggan mal Grand Indonesia, Sandy, saat dihubungi ANTARA News. 

Berkaitan dengan pelaksanaan JNRF 2013, Sandy mengemukakan, pihak manajemen mal telah menyosialisasikan hal ini sejak beberapa pekan lalu.

Ia mengemukakan, pihaknya memasang pengumuman di sejumlah titik di dalam mal yang menginformasikan tentang penutupan Jalan Sudirman, serta jalan alternatif yang dapat ditempuh para pengunjung, yakni melalui Jalan KH Mas Mansyur atau Tanah Abang.

"Kami tetap tutup sesuai jadwal harian, yakni jam 22.00 WIB. Namun karena ada penutupan jalan dan khawatir tak bisa pulang, sejumlah tenant sudah mulai tutup," demikian Sandy.

Pewarta: Desy Saputra
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013