Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang menggunakan kereta api saat libur Hari Raya Nyepi.
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Okupansi penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur meningkat saat libur Hari Raya Nyepi dan cuti bersama yang bertepatan dengan awal bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Sejumlah stasiun di wilayah Daop 9 Jember dari Pasuruan hingga Banyuwangi ramai dipadati oleh masyarakat yang akan memanfaatkan waktu libur tersebut untuk bepergian dengan menggunakan kereta api. Kepadatan terjadi sejak Sabtu (9/3)," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, di Jember, Senin.

Pada akhir pekan biasanya penumpang di wilayah Daop 9 Jember berkisar 7 ribu hingga 8 ribu penumpang, dan untuk keberangkatan pada Minggu (10/3) tercatat sebanyak 8.394 penumpang telah berangkat menggunakan kereta api menuju ke beberapa kota tujuan.

Bahkan, untuk keberangkatan Sabtu (9/3), total penumpang naik di wilayah Daop 9 Jember mencapai 10.667 orang, kemudian untuk keberangkatan Senin dan Selasa (12/3) totalnya lebih dari 12 ribu tiket sudah dipesan oleh para penumpang dan jumlah tersebut akan terus bertambah.

"Semua kereta yang berangkat dari Daop 9 Jember tiketnya terjual sampai 100 persen untuk keberangkatan Sabtu (9/3) menjelang libur Hari Raya Nyepi yang bertepatan dengan awal puasa," ujarnya pula.

Kemudian pada keberangkatan hari ini Minggu (10/3) KA Sritanjung relasi Ketapang-Lempuyangan dan KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng dan KA Tawangalun relasi Ketapang-Malang paling banyak diminati penumpang.

"Bagi masyarakat yang menggunakan KA jarak jauh, apabila tiket pada tanggal keberangkatan maupun KA yang diinginkan telah habis, maka dapat menggunakan KA yang lain atau memanfaatkan fitur connecting train yang tersedia pada aplikasi Access by KAI," katanya lagi.

Fitur itu akan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan, sehingga penumpang tetap bisa menggunakan KA pada tanggal yang diinginkan dengan keberangkatan dari Daop 9 Jember.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang menggunakan kereta api saat libur Hari Raya Nyepi. KAI terus berkomitmen menghadirkan perjalanan kereta api yang selamat, aman, nyaman, dan berkesan," ujarnya pula.
Baca juga: Libur Nyepi, okupansi penumpang KA di Jember meningkat
Baca juga: Okupansi penumpang KA Jarak Jauh di bawah 50 persen pada libur Nyepi

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024