Pekanbaru (ANTARA) - Jumlah penumpang di Bandara Sultan Syariaf Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau, meningkat dibanding hari biasa dengan rata-rata mencapai 9.297 orang per hari saat libur Hari Raya Nyepi.

"Sebelumnya 7.200 per hari pada hari normal, mengalami lonjakan penumpang sejak Jumat (8/3) karena libur panjang Hari Raya Nyepi dan menyambut awal Ramadhan 2024," kata Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko di Pekanbaru, Senin (11/3).

Ia mengatakan, sebanyak 9.297 penumpang itu dilayani dengan 63 penerbangan yang sudah memiliki jadwal.

Radityo menyebutkan bahwa lonjakan penumpang ini terjadi karena ada kegiatan ziarah kubur menjelang Ramadhan yang dimanfaatkan masyarakat untuk pulang-pergi dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Sedangkan puncak balik libur panjang dengan jumlah penumpang juga meningkat diprediksi terjadi pada Selasa (12/3) dan perkiraan penumpang mencapai 9.500 orang," katanya.

Baca juga: Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru 2.753.928 orang selama 2023
Baca juga: Penerbangan di Bandara Pekanbaru lancar meski sempat ada kabut asap 


Untuk mendukung kelancaran arus penumpang, Bandara SSK II Pekanbaru sudah menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk menangani lonjakan jumlah penumpang.

Persiapannya adalah pengecekan fasilitas landasan pacu(runway), jalur khusus pesawat (taxiway), tempat pesawat (apron), terminal dan area parkir agar berfungsi dan beroperasi dengan baik.

Selain itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait melakukan penebalan personel keamanan bandara khusus di area terminal.

Pihaknya juga meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak terkait. "Termasuk persiapan-persiapan seperti menyiapkan posko angkutan Lebaran Tahun 2024 dimulai H-10 sampai dengan H+10," demikian Radityo. 

Pewarta: Frislidia
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024