Pekanbaru, (ANTARA) - Bandara Sultan Syarif Kasim SSK II, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau kembali melayani penerbangan domestik tujuan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dengan Maskapai Wings Air, Sabtu.

Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, M. Hendra Irawan mengungkapkan bahwa terhitung Sabtu (8/6) maskapai Wings Air mulai menerbangi kembali rute langsung ke Tanjung Pinang. Dengan begitu ada penambahan jumlah rute penerbangan domestik yang beroperasi kembali di Bandara SSK II Pekanbaru.

"Penerbangan domestik Wings Air sesuai jadwal akan melayani rute Pekanbaru-Tanjung Pinang-Pekanbaru sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Sesuai jadwal akan berangkat pada pukul 12.30 WIB Pekanbaru, sementara untuk kedatangan kembali dari Tanjung Pinang dijadwalkan pada pukul 15.20 WIB," kata Irawan.

Lebih lanjut pihaknya terus meningkatkan komunikasi dengan operator penerbangan untuk menjajaki kemungkinan dibukanya rute-rute lain. Serta juga penambahan frekuensi penerbangan seperti yang diharapkan masyarakat dan agen travel.

Sementara itu, Station Manager Lion Group Pekanbaru, Dendra Ramadhan menyampaikan bahwa untuk keberangkatan pesawat Wings Air hari ini dari Pekanbaru menggunakan pesawat jenis ATR-72/600. Itu dengan nomor penerbangan IW-1274 dan untuk kedatangan dari Tanjung Pinang sendiri menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan IW-1275.

"Pesawat Wings Air dari Tanjung Pinang mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru dengan mengangkut 33 penumpang dan disambut oleh prosesi 'water salute' yang berasal dari kendaraan pemadam kebakaran Bandara SSK II Pekanbaru," ujar Irawan.

Tak hanya itu, penumpang juga disambut secara simbolis dengan kegiatan pemasangan tanjak dan pengalungan selendang. Dilakukan kepada kru pesawat di apron oleh EGM Bandara SSK II Pekanbaru dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of the Indonesia Travel Agencies (Asita) Riau, Dede Firmansyah.

Dede menyambut baik beroperasinya kembali maskapai Wings Air rute Pekanbaru-Tanjung Pinang. Alasannya karena dapat memaksimalkan kunjungan wisatawan nusantara serta dapat mengoptimalkan kalender kegiatan Provinsi Riau sepanjang tahun 2023.

"Kami juga berharap agar rute-rute lain yang sebelumnya pernah terkoneksi dengan Bandara Pekanbaru seperti Bandung, Jambi, Palembang dan Surabaya juga dapat kembali dibuka," ujar Dede.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023