Jakarta (ANTARA) -
Mencoba berhenti merokok adalah salah satu perjalanan paling bermanfaat yang pernah Anda lakukan untuk mengubah kesehatan dan kesejahteraan mental.
 
Ditulis laman Hindustan Times, Senin (11/3), nutrisi yang baik dan pola makan yang seimbang dapat memainkan peran besar dalam mendukung rutinitas bebas tembakau Anda dengan membantu menyehatkan tubuh dan mengekang kecanduan.
 
"Menerapkan pola makan yang sehat dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda secara signifikan. Saat Anda menjalani proses yang menantang ini, pertimbangkan untuk memasukkan makanan kaya nutrisi tertentu ke dalam rutinitas harian yang dapat mendukung perjalanan menuju kehidupan bebas rokok," kata Konsultan Senior - Nutrisi & Diet di Rumah Sakit Marengo Asia Dr. Neeti Sharma.

Baca juga: Mengunyah permen karet bisa bantu berhenti merokok?
 
Konsumsilah berbagai buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Ini termasuk buah beri, buah jeruk, sayuran berdaun hijau, dan wortel. Antioksidan membantu melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh merokok, meningkatkan perbaikan sel.
 
Selain itu, masukkan sumber asam lemak omega-3, seperti ikan berlemak (salmon, mackerel), biji rami, dan kenari ke dalam makanan sehari-hari. Lemak sehat ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan merokok.

Baca juga: Dokter paru: Paru bocor bisa disebabkan rokok elektronik
 
Sharma juga menyarankan untuk mengonsumsi camilan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almon, biji bunga matahari, dan biji labu karena kaya akan vitamin E. Makanan ini dapat berkontribusi pada kesehatan kulit yang mengalami perubahan karena merokok.
 
Selain almon, biji-bijian seperti quinoa, beras merah, dan oat dapat memberikan pelepasan energi yang berkelanjutan, membantu menstabilkan kadar gula darah dan mengatasi keinginan ngemil yang sering dikaitkan dengan berhenti merokok.

Baca juga: Berhenti merokok dapat memperbaiki kesehatan mental
 
Sertakan juga sumber protein tanpa lemak seperti unggas, ikan, tahu, dan kacang-kacangan untuk membantu perbaikan dan pemeliharaan otot.
 
Tambahan lainnya adalah tetap terhidrasi baik dengan mengonsumi banyak air atau teh herbal, mengonsumsi susu untuk kalsium dan teh hijau untuk antioksidan.

​​​"Pilihlah camilan sehat seperti wortel, batang seledri, dan kacang tanpa garam agar tangan dan mulut Anda tetap sibuk,” kata Ahli Diet Vedika Premani di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Sir HN Reliance Foundation.

Baca juga: Kemenkes sediakan konseling berhenti merokok melalui 08001776565

Baca juga: Kemenkes: Gunakan momentum Ramadhan untuk berhenti merokok

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024