Jakarta (ANTARA) - Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) mengajak generasi muda mengenali identitas diri agar semakin mampu menggali kreativitas yang bermanfaat bagi masa depan.

“Di dalam masa yang bergerak sangat cepat saat ini setiap orang seringkali berada dalam kesulitan dalam menemukan jalan mana yang cocok untuk diri mereka,” kata Guru Pembimbing Konferensi Inspiratif TEDxYouth@SWA, Alex, dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Langkah SWA untuk mendorong generasi muda mengetahui identitas diri ini dilakukan melalui Konferensi Inspiratif TEDxYouth@SWA dengan tema "The Passion for Growth: Curiosity, Discovery, and Identity".

Alex menuturkan generasi muda masa kini memerlukan contoh wawasan dan inspirasi agar mereka dapat bertumbuh dan dewasa dengan berlandaskan pada penemuan identitas diri.

Wawasan dan inspirasi tersebut dapat muncul melalui beragam inovasi dan ide-ide membangun yang dimiliki oleh masing-masing orang, kemudian dibagikan kepada orang lain hingga menjadi sebuah pertukaran pemikiran.

Baca juga: Sandiaga Uno minta generasi muda tingkatkan kreativitas

Terlebih Alex mengatakan di zaman yang bergerak sangat cepat saat ini membuat setiap orang sering berada dalam kesulitan dalam menemukan jalan yang cocok untuk diri mereka.

Oleh sebab itu, menurutnya, diperlukan adanya pertukaran cerita inspirasi dan wawasan antar-generasi muda, termasuk bisa berangkat dari isu-isu lokal yang sering ditemukan di kehidupan sehari-hari.

“Kami berharap dapat memotivasi kaum muda untuk mengambil langkah konkret dalam mengejar apa yang menjadi identitas diri mereka,” katanya.

Ia menjelaskan di SWA sendiri terdapat kurikulum yang menyeimbangkan antara pengembangan akademis dan soft skill sehingga memperkuat pengetahuan, sekaligus kreativitas, pola pikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi para siswa.

Sebagai contoh, Bella, seorang siswa kelas lima Sekolah Dasar (SD) di SWA, mengaku semakin berani untuk dari zona nyaman semenjak dirinya mulai mencintai olahraga panjat tebing.

Baca juga: Olimpiade Informasi Teknologi Bangun Kreativitas Generasi Muda

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024