Jakarta (ANTARA) - Tim nasional voli putra Indonesia U-20 tergabung dengan Arab Saudi di pul A Kejuaraan Voli Asia U-20 atau AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024.

Dikutip dari keterangan resmi AVC, Selasa, tim Merah Putih akan bersua dengan Arab Saudi dan masih menunggu dua calon lawan di pul A yang masih menjalani kualifikasi di zona timur dan zona Oseania.

"Ini pertama kalinya dalam sejarah Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan ini setelah sukses menyelenggarakan AVC Challenge Cup for Women 2023 di Gresik. Berdasarkan hasil pengundian, tuan rumah Indonesia tergabung di pul A bersama Arab Saudi, Zona Timur, dan Oseania," tulis laman resmi AVC.

Indonesia akan mendapati calon lawan dari zona barat di antaranya Hong Kong, Makau, dan Mongolia. Sedangkan di zona Oseania terdapat Australia dan Selandia Baru.

Di pul B terdapat pertarungan sengit antara juara bertahan dan juara dua kali berturut-turut Iran bertemu dengan peroleh empat kali juara Tiongkok dan dua tim kuda hitam Taiwan dan Qatar.

Baca juga: Jakarta Elektrik PLN targetkan tembus empat besar Proliga 2024

Sementara itu di pul C terdiri dari India, lalu finalis pada turnamen edisi sebelumnya Bahrain, Bangladesh, Kuwait, dan peraih gelar juara tiga kali Jepang.

Sedangkan di pul D terdapat juara di tiga edisi turnamen, Korea Selatan yang tergabung dengan Thailand dan dua negara yang berebut tiket kualifikasi di zona tengah dan zona tenggara.

Turnamen yang akan berlangsung di Surabaya pada 23 sampai 30 Juni tersebut menjadi turnamen dengan mengadopsi format 16 tim yang pertama kali digelar.

Dalam AVC Asian Championship U-20 edisi sebelumnya masih menggunakan format 21 tim dan tanpa melalui tahap kualifikasi perebutan tiket di zona.

Baca juga: Dengan skuad pemain muda, Jakarta Livin Mandiri bakal arungi Proliga
Baca juga: Surabaya Samator absen di Proliga 2024, digantikan Garuda Jaya

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024