Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan kualitas lingkungan belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus meningkat secara konsisten sebagai bagian dari pembangunan sumber daya manusia nasional yang lebih baik.

"Upaya mempersiapkan SDM nasional sejak usia dini harus dengan langkah yang tepat, termasuk kualitas lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan generasi penerus bangsa," kata Lestari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada 5 Maret 2024 telah meluncurkan Rapor Pendidikan 2024 di Senayan, Jakarta. Peluncuran Rapor Pendidikan itu untuk mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia yang berkelanjutan.

Baca juga: Kemendikbudristek gandeng Kemendagri terkait Rapor Pendidikan

Secara umum rapor pendidikan merupakan laporan yang menampilkan kondisi satuan pendidikan berdasarkan data dari hasil asesmen dan survei-survei nasional yang melibatkan satuan pendidikan dan daerah.

Perkembangan terbaru, menurut Rerie (sapaan Lestari Moerdijat), Rapor Pendidikan 2024 juga menghadirkan pembaruan data tentang kualitas lingkungan belajar untuk satuan pendidikan di jenjang PAUD.

Menurutnya, perhatian terhadap kualitas lingkungan belajar di jenjang PAUD itu harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kepentingan.

Baca juga: Kemendikbudristek: Pendidikan usia dini harus menyenangkan

Rerie menambahkan tantangan bangsa pada masa depan membutuhkan SDM nasional yang tangguh dan berdaya saing.

Dia juga mengatakan penguatan sektor PAUD yang menjadi bagian dari proses pembangunan SDM nasional merupakan langkah strategis yang harus direalisasikan.

"Indonesia membutuhkan anak bangsa yang tangguh dan berdaya saing untuk memenangi setiap persaingan di berbagai bidang pada era globalisasi yang sarat dengan perubahan," kata menambahkan.

Baca juga: Menko PMK: Pendidikan karakter anak harus dimulai sedini mungkin

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024