berterima kasih dengan Pj Bupati Apriyadi karena telah memberi ruang kepada kami untuk berdagang selama bulan puasa
Palembang (ANTARA) - Penjabat Bupati Musi Banyuasin Apriyadi Mahmud membuka Pasar Bedug untuk memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memasarkan barang dagangannya selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Pasar Bedug dibuka di halaman Masjid Darussalam,
Kecamatan Sungai Lilin, Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Rabu, yang selama ini dibuka di Kota Sekayu, Ibu kota kabupaten.

Menurut Apriyadi, di Pasar Bedug setiap hari selama bulan Ramadhan ada puluhan meja (tenant) UMKM yang menawarkan sayuran siap saji, ikan, ayam goreng, dan aneka lauk pauk lainnya serta takjil dengan harga terjangkau.

Untuk menjamin makanan yang dijual di Pasar Bedug, tim Dinas Perdagangan dan Perindustrian Muba melakukan pengawasan dan pembinaan.

Dengan pengawasan dan pembinaan tersebut diharapkan dapat menjamin kualitas dan keamanan bagi kesehatan masyarakat yang membeli barang dagangan pelaku UMKM di Pasar Bedug.

Baca juga: Bulog berpartisipasi jual beras SPHP di Pasar Ramadhan Situbondo
Baca juga: Pemkot Pekalongan agendakan operasi pasar murah saat Ramadhan


Apriyadi mengingatkan, agar Disdagperin Muba dan jajaran terkait untuk rutin mengecek kualitas makanan dan minuman yang dijual di Pasar Bedug.

"Jangan sampai nanti ada pedagang nakal yang mencampurkan makanan yang dijual dengan bahan pengawet zat berbahaya bagi kesehatan, saya minta agar kualitas jajanan di Pasar Bedug Ramadhan harus dijaga," ujar Pj Bupati Muba.

Sementara Kadisdagperin Muba Azizah menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan 60 meja untuk memfasilitasi ratusan pedagang UMKM di Sungai Lilin.

"Kami akan rutin mengecek dan memantau kualitas jajanan, jangan sampai ada jajanan yang mengandung zat berbahaya, ini yang akan kami antisipasi terus," jelasnya.

Sedangkan Misnawati salah satu pedagang UMKM di halaman Masjid Darusalam mengaku sangat senang bisa difasilitasi berdagang saat bulan puasa.

"Kami sangat berterima kasih dengan Pj Bupati Apriyadi karena telah memberi ruang kepada kami untuk berdagang selama bulan puasa," kata pelaku UMKM.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi geliatkan perekonomian lewat pasar takjil Ramadhan
Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan GPM dalam Ramadhan Festival
Baca juga: Pasar Wadai Ramadhan Banjar kolaborasi budaya Islami

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024