Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) melaporkan atlet golf putri Indonesia Reicherin Giftrudy Hensikie menguji kemampuan bermain golf lewat kejuaraan golf amatir Amateur and Mid-Amateur Championship of Western Australia 2024 di Australia.

"Pegolf binaan Pengurus Provinsi PGI DKI Jakarta ini berjuang dua hari pada babak kualifikasi yang menggunakan format stroke play," kata Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, apabila lolos kualifikasi pada kejuaraan yang berlangsung selama 13-17 Maret di Western Australian Golf Club itu, Reicherin akan tampil pada dua hari berikutnya dengan menggunakan format berbeda yaitu match play.

Turnamen golf Amateur and Mid-Amateur Championship of Western Asutralia yang sudah ada sejak tahun 1990 merupakan kompetisi golf pria dan wanita paling bergengsi dan bersejarah dalam kancah golfWA yakni badan golf amatir Australia bagian barat.

Juara kategori putra sebelumnya diraih sejumlah pegolf ternama seperti Terry Gale, Stephen Leaney, Min Woo Lee, Jason Scrivener, dan Aldrich Potgeiter. Sedangkan, kategori putri terdapat nama seperti Minje Lee, Jess Speechley, dan Kristen Rudgeley.

Baca juga: Delapan pegolf raih prestasi pada kejuaraan internasional di Malaysia

PB PGI berharap Reicherin bisa tampil optimal dalam kejuaraan tersebut dan bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah mancanegara.

Adi mengatakan, PB PGI selalu mendukung atlet golf di Tanah Air untuk ikut berkompetisi dalam kejuaraan di tingkat mancanegara sebagai bagian dari pembinaan untuk meningkatkan kualitas atlet.

Semakin banyak kejuaraan yang diikuti maka akan semakin menambah jam terbang atau pengalaman atlet sehingga bisa terus membenahi kemampuannya untuk menjadi yang terbaik.

Dari sisi pembinaan atlet secara nasional, kata Adi, PB PGI juga telah menambah intensitas perhelatan kejuaraan nasional (kejurnas) dari sebelumnya satu kali menjadi tiga kali dalam setahun mulai 2024.

"Kami ingin golf semakin dikenal berbagai kalangan masyarakat agar muncul potensi-potensi baru yang bisa mengangkat prestasi hingga ke tingkat mancanegara," pungkasnya.

Baca juga: PGI: Dua atlet ikut kompetisi golf putri Asia Pasifik di Singapura

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024