pengunjung atau pembeli mau belanja tinggal mengambil kantong di kotak yang kami sediakan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan (Sudin LH Jaksel) menyediakan kantong belanja ramah lingkungan berupa tas furing (spunbond) di Pasar Tebet, untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

"Kalau pengunjung atau pembeli mau belanja tinggal mengambil kantong di kotak yang kami sediakan," kata Kepala Suku Dinas LH Jakarta Selatan Mohamad Amin di Jakarta, Kamis.

Amin mengatakan larangan penggunaan kantong plastik di pasar tradisional memang belum berjalan dengan baik, untuk itu pihaknya terus mengedukasi pedagang dan pembeli agar bisa menggunakan kantong belanja ramah lingkungan.

Menurut dia edukasi yang dilakukan oleh Sudin LH Jaksel yaitu dengan menyediakan kantong belanja ramah lingkungan berupa tas furing di Pasar Tebet, untuk digunakan oleh para pembeli.

Ia menjelaskan di Pasar Tebet terdapat dua kotak penyimpanan satu berisi tas furing yang masih baru dan satunya lagi untuk tas furing yang sudah lusuh.

"Kami membuat tempat penyimpanan dua, satu untuk kantong yang sudah lusuh, dan satunya lagi untuk kantong belanja ramah lingkungan sudah dipakai tapi masih layak." tuturnya.

Selain itu, kata Amin, pihaknya juga menyediakan tempat belanja berupa wadah plastik (thinwall) sebagai pengganti kantong plastik untuk belanjaan basah seperti ikan, tahu, dan lainnya.

Amin menambahkan semua itu untuk mengurangi penggunaan kantong plastik di pasar tradisional yang sampai saat ini masih belum maksimal.

"Mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik dan penggunaan kantong plastik bisa diminimalkan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Asep Kuswanto mengatakan gerakan penggunaan spunbond menjadi upaya pemerintah DKI Jakarta untuk mengurangi sampah di sumber, khususnya di pasar tradisional.

Hal itu untuk menguatkan kembali Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat.
Baca juga: Sudin LH Jaksel minta warga minimalkan penggunaan kantong plastik
Baca juga: UPS Badan Air sulap botol plastik bekas menjadi perahu
Baca juga: KLHK: Produsen wajib kurangi sampah plastik dari kemasan

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024