Harapannya Kertajati. Walaupun tidak dilewati, ada expo tentang Kertajati. Saya menyambut baik, karena rutenya Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Pangandaran
Bandung (ANTARA) -
Pemprov Jawa Barat pada tahun ini kembali menggelar turnamen sepeda jarak jauh Cycling de Jabar pada 25 Mei 2024 dengan harapan mengangkat potensi wisata daerah timur yakni pantai utara sampai Priangan Jawa Barat.

Dengan mengangkat tema Sumanget Jawara, Cycling de Jabar 2024 akan mengajak pesepeda melahap 213 kilometer, dari Cirebon hingga Pantai Barat Pangandaran di Jabar Selatan, yang diharapkan juga menstimulus peningkatan okupansi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, yang kini tengah diupayakan untuk dioptimalkan.

"Harapannya Kertajati. Walaupun tidak dilewati, ada expo tentang Kertajati. Saya menyambut baik, karena rutenya Cirebon, Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Pangandaran," ujar Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin di Gedung Sate Bandung, Kamis.

Selain menjadi semangat bagi para pesepeda, ‘Sumanget Jawara’ juga diharapkan akan membawa dampak positif dalam mempengaruhi perkembangan sektor ekonomi dan pariwisata ke depannya dengan melibatkan berbagai sektor.

"Kegiatan Cycling de Jabar 2024 diselenggarakan untuk memperkuat sinergi antar sektor sebagai salah satu ekosistem dan penggerak percepatan pembangunan daerah Jawa Barat," ucapnya.

Bey mengatakan Pemprov Jabar telah menyiapkan semua kebutuhan infrastruktur dalam mendukung Cycling de Jabar 2024, dalam rangka mendongkrak pariwisata di kawasan utara.

"Dinkes juga sudah siap sedia untuk membantu sarana prasarana kesehatan. Intinya (Pemprov Jabar) akan mendukung sepenuhnya acara ini," ucapnya.

Dia juga mengimbau kepada peserta, agar tidak memaksakan diri dalam mengikuti Cycling de Jabar 2024 dan memastikan cukup istirahat sebelum ikut perlombaan.

​​​​​​​"Selain itu diharapkan juga dengan gelaran ini dan gelaran-gelaran sepeda lainnya, bisa memunculkan talenta pembalap sepeda yang akan membanggakan hingga menjadi legenda Jawa Barat dan Indonesia," ucap Bey.

Baca juga: Bey Machmudin tegaskan beras Jabar tidak dalam keadaan defisit

Baca juga: Bey dorong rute BIJB Kertajati ditambah untuk dongkrak okupansi

Baca juga: Jabar upayakan berbagai langkah untuk dongkrak produktivitas pangan

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024