Jakarta (ANTARA) - Bulan Ramadan tidak hanya menjadi momen untuk mencari keberkahan, namun, juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan.

Ya, di bulan ini, ada sejumlah barang yang mungkin dicari banyak orang untuk mendukung lancarnya ibadah puasa, mulai dari makanan untuk buka puasa, berbagai jenis kue, hingga pakaian untuk Idul Fitri nanti.

Tingginya permintaan konsumen terhadap suatu barang tersebut tentu dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Jika kamu ingin memanfaatkan bulan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain gaji dari perusahaan, berikut ide usaha kreatif yang bisa kamu coba.

Ide Usaha untuk Tambah Penghasilan di Bulan Ramadan

Jualan takjil

Penjualan makanan selama bulan Ramadan selalu meningkat secara signifikan. Berdasarkan data Asosiasi Pengusaha Restoran dan Katering Indonesia (Aprindo) tahun 2021, penjualan makanan selama bulan Ramadan meningkat hingga 30-40 persen dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Membuka usaha kuliner berbuka puasa seperti menjual kue-kue khas Ramadan atau menu berbuka puasa lengkap dapat menjadi pilihan yang menguntungkan.

Baca juga: Sukses gerakan ekonomi warga, desa ini jadi pemenang Desa BRILiaN

Pakaian dan souvenir

Permintaan akan pakaian dan souvenir khusus Ramadan juga cenderung meningkat. Survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 menunjukkan bahwa penjualan pakaian dan souvenir selama bulan Ramadan meningkat hingga 20-30 persen dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.

Oleh karena itu, membuka usaha yang menjual pakaian muslim, mukena, atau souvenir Islami dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Jasa dekorasi rumah

Permintaan akan jasa layanan khusus Ramadan juga cukup tinggi. Berdasarkan data dari Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi (KPPU) tahun 2020, permintaan akan jasa layanan khusus Ramadan meningkat hingga 25-35 persen selama bulan ini.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini, misalnya dengan menyediakan jasa dekorasi rumah untuk suasana Ramadan. Mulai dari penataan hiasan dinding, pengaturan meja makan, hingga pencahayaan yang sesuai, jasa dekorasi rumah ini dapat memberikan sentuhan istimewa pada perayaan hari raya.

Baca juga: Peneliti Harvard ungkap peran BRI dorong inklusi keuangan melalui digitalisasi

Hampers produk kesehatan

Selama bulan Ramadan, kesehatan dan nutrisi menjadi perhatian penting bagi banyak orang yang menjalani puasa. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, penjualan produk kesehatan di bulan ini meningkat signifikan, yakni mencapai 15 - 20 persen dari total penjualan produk kesehatan sepanjang tahun tersebut.

Kamu bisa mencoba peluang hampers yang berisi suplemen vitamin, minuman elektrolit, atau makanan dan camilan sehat yang cocok untuk berbuka puasa bisa menjadi usaha yang menguntungkan.

Kelas online

Selain mencari hiburan, banyak orang yang juga memanfaatkan bulan ini untuk memperbanyak wawasan dan menggali ilmu. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka kelas online khusus untuk mengisi waktu ngabuburit di bulan Ramadan, seperti membuka kelas bahasa Inggris, kelas mengaji, atau kelas memasak.

Berdasarkan data yang diterbitkan oleh Coursera pada 2021, pendaftaran untuk kelas online meningkat secara signifikan selama bulan Ramadan, dengan lonjakan hingga 40 persen dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Ini menandakan bahwa banyak orang yang tertarik untuk memanfaatkan waktu luang mereka di bulan Ramadan untuk meningkatkan keterampilan atau belajar hal-hal baru secara online.

Baca juga: PAUL Bakery hadirkan menu hantaran khusus Promo BRI

Dari kelima ide ini, mana yang ingin kamu coba di tahun ini?

Sebelum mencoba, perlu diingat, beberapa jenis usaha sampingan ada yang membutuhkan modal awal, baik untuk membeli barang atau perangkat tambahan. Namun tak perlu khawatir, BRI hadir dengan salah satu solusi pembiayaan dengan Kredit BRIguna.

BRI memberikan fasilitas pinjaman yang dapat dimanfaatkan terutama bagi kamu karyawan tetap yang memiliki rekening payroll. Pengajuan Kredit BRIguna pun cepat dan mudah, kamu hanya perlu melakukan pengajuan melalui BRIguna di BRImo. Prosesnya mudah dan proses pencairannya cepat hanya butuh waktu 15 menit.

Satu yang menjadikan Kredit BRIguna semakin spesial adalah suku bunganya yang kompetitif dan limit sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu serta bisnis atau usaha yang sedang kamu jalani atau rencanakan.

Jadi tunggu apalagi, segera download BRImo-mu di Appstore atau Playstore dan ajukan Kredit BRiguna-mu sekarang.

BeraniWujudkanMimpi dengan KreditBRIguna.

Baca juga: Mulai berbagi kebaikan, donasi, infaq dan zakat lewat BRImo

Baca juga: Liburan ke luar negeri bebas ribet dengan BRImo

Baca juga: Fitur Aset KSEI di BRImo, solusi jitu untuk pantau investasi

 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024