Ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk bersatu dalam semangat kebaikan dan kemurahan hati
Ambon (ANTARA) - Masjid Raya Al Fatah Kota Ambon, Provinsi Maluku menyediakan takjil atau makanan berbuka puasa gratis bagi warga yang berpuasa di bulan Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

"Takjil disediakan gratis setiap hari, bisa makan sepuasnya untuk yang berpuasa di bulan Ramadhan sekaligus kita buka bersama di sini," kata pengurus Masjid Al Fatah Burhan, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, jamaah yang akan berbuka puasa di Masjid Raya Al Fatah Ambon biasanya menempati teras masjid satu jam sebelum waktu berbuka puasa yakni pada pukul 17.30 WIT.

Buka puasa gratis tersebut tidak dibatasi dan disediakan untuk siapa saja selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Buka puasa gratis di teras Masjid Al Fatah, Ambon itu sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya saat bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Polisi bagikan takjil gratis kepada pengguna jalan di Cakung
Baca juga: Grand Indonesia sediakan takjil gratis selama Ramadhan 1445 Hijriah


Menurutnya, menu berbuka puasa yang disediakan bersumber dari dana Yayasan Al Fatah serta sumbangan dari para donatur setiap harinya.

Ini juga sebagai bagian dari upaya untuk memberikan dukungan kepada warga Muslim yang membutuhkan di tengah-tengah situasi ekonomi yang sulit.

Para sukarelawan dengan penuh semangat menyambut para jamaah yang tiba di masjid, menawarkan berbagai macam takjil yang disiapkan dengan baik. Mulai dari kurma, kolak, hingga minuman segar seperti es buah dan es sirup.

Ia mengaku, setiap sore 30 menit menjelang waktu berbuka puasa para pengurus masjid langsung mempersiapkan alat makan berupa nampan untuk berbuka puasa bersama.

"Kami merasa terhormat dapat memberikan kontribusi positif kepada komunitas kami selama bulan suci. Ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk bersatu dalam semangat kebaikan dan kemurahan hati,” ujarnya.

Baca juga: Istiqlal sediakan 4.000-6.000 boks takjil gratis selama Ramadhan
Baca juga: ASDP-IIKA berikan takjil gratis pengguna jasa Pelabuhan Feri Penajam



Para jamaah yang berbuka puasa di Masjid Al Fatah pun dengan tertib duduk memanjang. Burhan mengatakan Masjid Al Fatah menerima sumbangan dalam bentuk dana maupun makanan untuk berbuka puasa bersama selama bulan Ramadhan.

Salah satu warga, Haris Ode mengaku terbantu dengan adanya buka puasa gratis di masjid terbesar di Maluku itu. “Lumayan lah bisa menghemat, sekaligus tidak lupa shalat Maghrib," kata dia.

Para jamaah yang menerima takjil tersebut sangat bersyukur atas inisiatif yang dilakukan oleh Masjid Raya Al Fatah. Mereka menyambut hangat sebagai wujud kepedulian dan solidaritas dalam menjalani ibadah Ramadhan.

Diharapkan kegiatan ini akan menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lainnya untuk melakukan hal serupa, memperkuat hubungan sosial dan meningkatkan semangat kebersamaan di antara umat Muslim, terutama dalam menghadapi bulan yang penuh berkah ini.

Masjid Raya Al Fatah berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar dan berharap dapat menjadi contoh dalam menyebarkan nilai-nilai kebaikan dan kedermawanan.

Baca juga: RS Mandalika NTB bagikan ratusan takjil gratis
Baca juga: Kedai Karibo Coffe kembali sediakan takjil gratis untuk warga
Baca juga: Lebih dari 1.000 SPBU Pertamina bagikan takjil gratis untuk konsumen


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024