Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) menggelar Festival Bedug di kantor Wali Kota Jakarta Utara untuk memeriahkan Ramadhan 1445 Hijriah di kota setempat.

"Ada 35 peserta yang merupakan utusan dari kelurahan di Jakarta Utara ini akan memberikan penampilan terbaik mereka," kata Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Cucu Rita Sary di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan Festival Bedug 2024 membuka ruang berekspresi dan inovasi menabuh bedug dan diharapkannya festival ini memberikan inspirasi bukan hanya masyarakat, termasuk para pelajar di Jakarta Utara.

Menurut dia, dari 35 peserta ini, juara 1, 2, dan 3 akan dibina kembali untuk mengikuti festival serupa di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

"Kami berharap Jakarta Utara bisa memenangkan nanti di tingkat Provinsi DKI Jakarta,” kata dia.

Baca juga: Jaksel gelar festival beduk untuk meriahkan bulan Ramadhan

Ia mengatakan Festival Bedug juga digelar tahun lalu, tapi jumlah peserta hanya enam orang saja dan untuk tahun ini pihaknya berkolaborasi dengan kecamatan.

“Alhamdulillah tahun ini seluruh kelurahan di Jakarta Utara mengirim lebih dari satu peserta,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Bedug 2024, Aep Tursaman mengatakan peserta mendapatkan penilaian dari dewan juri mengenai menabuh bedug, lantunan takbir dan selawat serta inovasi yang dibawakan peserta di atas panggung.

Ia mengatakan festival dalam bentuk perlombaan ini akan dilaksanakan berjenjang di setiap tingkat Kota Administrasi se-DKI Jakarta dan di tingkat Provinsi DKI Jakarta nantinya.

“Sore nanti setelah pengumuman pemenang, akan ada peluncuran Buku Sejarah Lokal dan Penulisan Toponimi Jakarta Utara, yang dirangkai dengan santunan bagi masyarakat, penyerahan hadiah dan ditutup dengan hiburan dari Syakir Daulay dan buka puasa bersama,” kata dia.

Baca juga: PLN gratiskan tambah daya listrik bagi 237 masjid di Jakarta

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024