Pembukaan kedua rute ini akan dimulai 5 April 2024, guna menghubungkan ibu kota Provinsi Maluku dengan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Papua Barat Daya...
Ambon (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon menggandeng maskapai TransNusa membuka dua rute baru Ambon - Manado, serta Rute Ambon - Sorong, mulai 5 April 2024.

"Pembukaan kedua rute ini akan dimulai 5 April 2024, guna menghubungkan ibu kota Provinsi Maluku dengan Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Papua Barat Daya, tanpa perlu transit di kota lain, " kata General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon, Shively Sanssouci, Jumat.

Penerbangan tujuan Ambon - Manado dan Ambon - Sorong, menggunakan pesawat tipe Comac ARJ21-700 dengan nomor penerbangan 8B-214 dan 8B-215 untuk rute Ambon - Manado, serta 8B-291 dan 8B-292 untuk rute Ambon - Sorong.

Jadwal penerbangan pulang pergi (PP) untuk kedua rute yakni berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi - Manado (MDC) pukul 12.30 WITA, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 14.50 WIT.

Sementara itu berangkat dari Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 15.15 WIT tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi - Manado (MDC) pukul 15.35 WITA.

Sedangkan untuk penerbangan Ambon - Sorong (PP) penerbangan dari Bandara Domine Eduard Osok - Sorong (SOQ) pukul 09.00 WIT, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 10.00 WIT, kembali lagi ke Manado pukul 10.25 WIT dan tiba pukul 11.25 WITA.

Ia menyatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan konektivitas Kota Ambon dengan Kota lainnya, guna meningkatkan pengembangan pariwisata di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon.

Melalui kerjasama yang terjalin, dan penambahan rute dan penerbangan yang baru ini, Bandar Udara Pattimura Ambon berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan meningkatkan layanan di Bandar Udara Pattimura Ambon.

Pihak operator Bandar Udara juga berharap rute Ambon - Manado dan Ambon - Sorong ini akan memperkaya konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata ke depan.

Maskapai TransNusa pertama kali dioperasikan di Indonesia sejak Desember 2022, dan kini akan mendarat di Bandar Udara Pattimura, beroperasi setiap hari untuk rute Ambon - Manado dan 4x seminggu untuk rute Ambon - Sorong.

Baca juga: Bandara Pattimura pertahankan penghargaan bandara terbaik Asia Pasifik
Baca juga: Bandara Pattimura Ambon layani 21.298 penumpang di periode Natal

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024