Shaoxing (ANTARA) - Distrik Keqiao di Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, merupakan basis klaster industri tekstil yang menampung 8.000 lebih bisnis tekstil dengan nilai output lebih dari 100 miliar yuan atau sekitar 13,9 miliar dolar AS.

Dalam beberapa tahun terakhir, distrik tersebut telah mendorong transformasi dan peningkatan industri tekstil dan pewarnaan, memperkenalkan mesin yang ramah lingkungan dan teknologi-teknologi yang inovatif.

Industri tradisional setempat yang awalnya bersifat padat karya, kini beralih ke segmen manufaktur maju yang rendah polusi, berteknologi tinggi, serta bernilai tambah tinggi.

Berikut ini sekilas gambaran proses produksi yang bersih lingkungan dan berteknologi tinggi di sebuah perusahaan tekstil di Zhejiang tersebut/
 
Sejumlah karyawan mengoperasikan sistem kendali terpusat di ruang kendali sebuah perusahaan di Distrik Keqiao, Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, pada 14 Maret 2024. (Xinhua/Weng Xinyang)
 
Sejumlah peneliti melakukan eksperimen di pusat inovasi teknologi tekstil modern di Distrik Keqiao, Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, pada 15 Maret 2024. (Xinhua/Weng Xinyang)
 
Seorang teknisi melakukan penyesuaian pada mesin yang dikembangkan sendiri di sebuah perusahaan tekstil di Distrik Keqiao, Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, pada 14 Maret 2024. (Xinhua/Weng Xinyang)
 
Teknologi robot digunakan untuk menangani pewarna pada sistem penimbangan dan pencampuran otomatis di sebuah perusahaan tekstil di Distrik Keqiao, Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, pada 14 Maret 2024. (Xinhua/Weng Xinyang)
 
Sejumlah pekerja memantau produksi serat di sebuah perusahaan tekstil di Distrik Keqiao, Shaoxing, Provinsi Zhejiang, China, pada 14 Maret 2024. (Xinhua/Weng Xinyang)

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024