Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Celine Dion berterima kasih kepada keluarga dan penggemar yang telah mendukungnya selama menghadapi stiff person syndrome (SPS) serta menyerukan dukungan bagi orang-orang yang mengalami kelainan neurologis autoimun seperti dia.

Penyanyi berusia 55 tahun itu menandai peringatan International SPS Awareness Day dengan mengunggah foto bersama tiga anak lelakinya, René-Charles Angélil (23) dan si kembar Eddy dan Nelson yang berusia 13 tahun, di akun Instagram pada Sabtu.

Di akun Instagram, Celine juga menyampaikan bahwa dia didiagnosis mengalami SPS pada musim gugur tahun 2022.

"Berusaha mengatasi kelainan autoimun ini adalah salah satu pengalaman terberat dalam hidup saya, tetapi saya tetap bertekad untuk kembali ke panggung suatu hari nanti, dan menjalani kehidupan senormal mungkin," katanya.

Dia bersyukur atas atas cinta dan dukungan dari anak-anak, keluarga, dan timnya serta para penggemar selama menghadapi SPS, kelainan neurologis autoimun langka yang paling sering menyebabkan kekakuan otot dan kejang nyeri yang datang dan pergi dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu.

"Saya ingin menyampaikan dorongan dan dukungan kepada semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak SPS. Saya ingin Anda tahu bahwa Anda bisa melakukannya! Kita bisa melakukannya!" kata Celine Dion.

Baca juga: Celine Dion alami kelainan saraf langka
Baca juga: Celine Dion batalkan semua konser karena gangguan neurologis


Menurut warta People, Celine Dion mengumumkan diagnosis penyakitnya pada Desember 2022.

Melalui rekaman video, Celine Dion mengatakan bahwa dia sudah lama menghadapi masalah kesehatan serta menyampaikan kesulitannya menghadapi dan berbicara tentang semua yang sudah dilalui.

Selanjutnya Celine Dion tidak tampil di hadapan publik sampai November 2023, ketika dia menghadiri pertandingan hoki NHL antara Vegas Golden Knights dan Montreal Canadiens di T-Mobile Arena di Las Vegas.

Dia kemudian membuat kejutan dengan tampil di ajang Grammy Awards ke-66 bulan lalu untuk menyerahkan penghargaan album terbaik tahun ini kepada Taylor Swift.

Perjalanan kesehatan pelantun "My Heart Will Go On" itu akan dituturkan dalam film dokumenter berjudul I Am: Céline Dion, yang rencananya dirilis di Amazon Prime Video akhir tahun ini.

Baca juga: Celine Dion tampil di Grammy 2024
Baca juga: Celine Dion tampil di depan umum setelah tiga setengah tahun


Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024