Jakarta (ANTARA) - Ikon pop Céline Dion tampil di Grammy Awards 2024 di tengah masalah kesehatannya yang tengah menjadi sorotan.
 
Penyanyi berusia 55 tahun itu membuat penampilan publik yang langka untuk mempersembahkan penghargaan terakhir, yaitu album terbaik tahun ini, di mana ia pernah meraih penghargaan itu pertama kali pada 27 tahun lalu.
 
Solois yang pernah meraih 5 piala Grammy ini,  didiagnosis menderita kelainan neurologis yang langka dan tidak dapat disembuhkan yaitu Stiff Person Syndrome (SPS) pada tahun 2022.

Baca juga: Kisah Celine Dion sintas kehidupan diangkat ke layar perak

Baca juga: Tengah lawan penyakit langka, Celine Dion nikmati hiburan dengan anak


Saat menaiki panggung Gramny, Dion disambut dengan tepuk tangan meriah dari hadirin yang tak lain adalah bintang musik dunia.
 
"Terima kasih semuanya, aku langsung mencintaimu. Saat aku mengatakan bahwa aku bahagia berada di sini, aku benar-benar bersungguh-sungguh dari hatiku," ucapnya seperti ditulis laman People, Minggu.
 
Sebelum mengumumkan nominasinya, Dion mengatakan kepada penonton untuk jangan pernah menganggap remeh kegembiraan yang dibawa oleh musik. Penghargaan album terbaik tersebut kemudian diberikan kepada Taylor Swift.
 
Dion telah menjadi favorit di kalangan Recording Academy selama beberapa dekade. Bintang asal Kanada ini adalah pemenang Grammy lima kali, membawa pulang gramofon pertamanya pada tahun 1992, dan total nominasi sebanyak 16 kali.
 
Penampilan Dion pada upacara penghargaan ini membuatnya tampil di depan umum untuk pertama kalinya sejak dia menghadiri pertandingan hoki di Las Vegas antara Vegas Golden Knights dan Montreal Canadiens tahun lalu pada bulan November. Acara olahraga tersebut menandai penampilan publik pertamanya dalam tiga setengah tahun terakhir.
 
Pelantun "My Heart Will Go On" itu pertama kali mengungkapkan kepada penggemar bahwa dia mengidap penyakit saraf langka yang dapat menyebabkan kejang otot yang membuatnya lemah pada akhir tahun 2022. Kondisi fisiknya itu memaksa dia  harus membatalkan rangkaian tur dunianya.

Baca juga: Taylor Swift terima Album Pop Terbaik dan umumkan album baru

Baca juga: Sutradara film dokumenter David Bowie menang Grammy Film Musik Terbaik

Baca juga: Miley Cyrus akan tampil di Grammy Awards 2024

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024