"Untuk menyiasati over kapasitas itu dengan program integrasi (pembebasan bersyarat), mereka sudah memasuki usulan dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan pusat,"
Bojonegoro (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan program integrasi (pembebasan bersyarat) untuk menyiasati kelebihan kapasitas yang terjadi di lokasi itu selama bertahun-tahun.
 
"Untuk menyiasati over kapasitas itu dengan program integrasi (pembebasan bersyarat), mereka sudah memasuki usulan dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan pusat," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIA Bojonegoro, Sugeng Indrawan, Sabtu.
 
Sugeng mengatakan kapasitas Lapas Bojonegoro sebanyak 133 penghuni, namun saat ini penghuninya diisi 478 orang, meliputi narapidana maupun tahanan, terdiri dari 10 orang perempuan dan 468 laki-laki.
 
"Kelebihannya 347 penghuni atau over kapasitasnya 360 persen," kata pria yang sebelumnya menjabat Kalapas Tanggerang tersebut.
 
Untuk itu para penghuni harus menempati beberapa blok yang telah dibagi, di antaranya Blok A ada 132 penghuni, Blok B dihuni 243 penghuni, Blok C sejumlah 29 penghuni dan Blok D ada 40 orang warga binaan.
 
Sedangkan sisanya yang lain ditempatkan di Blok wanita ada 10 orang, Blok Asimilasi dihuni 13 orang dan Blok Dapur ada 11 penghuni.
 
"Sebelum saya ke Bojonegoro sudah over kapasitas, bertahun-tahun sepertinya," katanya.
 
Sementara itu, dari literatur pemberitaan di beberapa media, over-nya kapasitas Lapas yang berada di jalan Diponegoro Bojonegoro itu sudah dialami sejak tahun 2019.
 
Sedangkan terkait adanya wacana relokasi Lapas Bojonegoro, dia tidak bisa mengomentari. Pasalnya itu menjadi kewenangan Dirjen Pemasyarakatan pusat.
 
"Namun sekarang ini membuat kajian terkait Lapas Bojonegoro, karena sekarang kondisinya sudah sempit dan diusulkan untuk segera di pindah," katanya.
 
Kepindahan Lapas Klas IIA Bojonegoro bukan tanpa alasan, karena Lapas yang sekarang ditempati luasnya hanya 7.832 meter persegi dengan luas bangunan 3.290 meter persegi. Padahal Lapas Bojonegoro mempunyai lahan di Desa Mojoranu Kecamatan Dander, yang bisa dimanfaatkan.
 
"Luas lahan milik Lapas yang ada di Mojoranu itu 237.160 atau sekitar 23,7 hektar. Kalau pun dibangun Lapas Bojonegoro yang baru sangat layak," kata Sugeng.

Pewarta: Willi Irawan/M Yazid
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024