Jakarta (ANTARA) - Platform media sosial bagi orang-orang yang ingin membangun jaringan dan memperoleh pengetahuan untuk tujuan profesional, LinkedIn, kini berencana merambah bidang baru dengan menghadirkan pengalaman gim teka-teki kepada penggunanya, dilansir dari TechCrunch, Minggu. 

Tiga upaya awal LinkedIn merupakan gim kasual berbasis teka-teki yang dinamakan "Queens", "Inference", dan "Crossclimb".

LinkedIn juga disoroti peneliti aplikasi Nima Owji di akun media sosial X-nya karena mengujicobakan susunan skor pemain berdasarkan tempat kerja, dan perusahaan diberi "peringkat" berdasarkan skor tersebut.

Baca juga: LinkedIn luncurkan fitur verifikasi identitas untuk pengguna Indonesia
 
Baca juga: LinkedIn: 3/4 profesional pemasaran Indonesia percaya diri gunakan AI

Belum diketahui pasti kapan tanggal peluncuran tiga gim versi LinkedIn. Menurut TechCrunch, pihak LinkedIn menolak mengatakan bagaimana dan apakah Microsoft terlibat dalam proyek gim mereka.

Pemilik LinkedIn, Microsoft sendiri adalah raksasa gim. Bisnis gimnya mencakup Xbox, Activision Blizzard, dan ZeniMax menghasilkan pendapatan 7,1 miliar dolar AS pada kuartal terakhir, melampaui pendapatan Windows untuk pertama kalinya.

Gim sering kali menjadi salah satu aplikasi paling populer untuk ponsel dan PC — baik dari segi pendapatan maupun keterlibatan — dan gim kasual berbasis teka-teki telah menjadi salah satu kategori paling populer di kalangan pengguna ponsel.

Baca juga: LinkedIn sebut 65 persen keterampilan kerja berubah di 2030 karena AI

Platform non-gim telah lama memanfaatkan fakta-fakta itu untuk meningkatkan trafik mereka — bisa dibilang sebuah tren yang mendahului internet, jika mengikutsertakan popularitas teka-teki silang dan teka-teki lainnya di surat kabar dan majalah.

The New York Times, yang mengakuisisi Wordle pada 2022, mengatakan pada akhir 2023 lalu bahwa jutaan orang terus memainkan gim tersebut, yang sekarang menjadi bagian dari platform teka-teki dan gim daring yang lebih besar yang dikembangkan oleh surat kabar tersebut.
 
Jejaring sosial terbesar di dunia Facebook juga menjadi pendorong utama permainan sosial selama bertahun-tahun.

Baca juga: PUBG bakal hadirkan sejumlah fitur baru pada tahun 2024

Namun pada 2022, mereka menutup aplikasi gim mandiri platformnya di tengah penurunan penggunaan, saat ini mereka lebih fokus pada pengalaman realitas campuran (mixed reality) dan bisnis Meta-nya.
 
LinkedIn telah mencoba sejumlah fitur baru yang berbeda selama bertahun-tahun untuk meningkatkan cara dan jumlah orang menggunakan platformnya, agar menjadikannya relevan dengan audiens LinkedIn yang fokus pada dunia kerja.
 
Upayanya berkisar tentang pendidikan dan pengembangan profesionalitas, hingga penerbitan dan operasi berita, menghadirkan lebih banyak alat video, serta mendekati pembuat konten dan pemengaruh.

Baca juga: NIKKE rilis kolaborasi dengan serial anime “Re:ZERO” pada 21 Maret

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024